Beberapa Minuman Favorit Saat Berbuka Puasa


Kita sudah memasuki bulan suci Ramadan atau biasa kita sebut sebagai bulan puasa. Dalam menyambut bulan Ramadan, beberapa daerah di Indonesia memiliki tradisi berbeda sesuai adat masing-masing daerah. Mulai dari munggahan dan cucurak di daerah Jawa Barat sampai meugang dari Aceh di ujung Sumatera.

Meskipun memiliki tradisi yang beragam, daerah-daerah di Indonesia itu memiliki kesamaan, yaitu pada minuman saat berbuka puasa. Berikut ini adalah beberapa minuman favorit yang dijadikan menu untuk berbuka puasa, dilansir dari Merdeka, Kamis (3/7/2014).

1. Teh Manis

Teh manis
Teh manis

Salah satu hadits menyebutkan kalau kita disunnahkan untuk berbuka dengan sesuatu yang manis terlebih dahulu, baru kemudian memakan atau meminum yang lainnya. Karena itulah, minuman teh manis ini merupakan menu utama sekaligus favorit untuk berbuka puasa. Selain pembuatannya yang mudah, minuman teh manis ini bisa diminum oleh hampir semua orang, dan jarang ada orang yang tidak menyukai teh manis. Teh manis adalah minuman yang terbuat dari larutan teh yang diberi pemanis, biasanya gula tebu, sebelum minuman ini siap disajikan. Penambahan pemanis ke dalam air panas memungkinkan proses larutan teh mampu melarutkan pemanis dalam kadar yang lebih besar ketimbang saat disajikan dingin.

2. Es Kelapa Muda

Es kelapa muda
Es kelapa muda

Selain teh manis, es kelapa muda juga merupakan minuman favorit dan bisa dijadikan pilihan untuk menu berbuka puasa. Selain menyegarkan, es kelapa muda dipercaya mampu mengembalikan tenaga yang sempat hilang setelah seharian berpuasa. Bahan dasar yang sederhana menjadikan minuman ini menjadi favorit berbuka puasa. Anda hanya perlu menyiapkan 1 buah kelapa muda, 1 kaleng susu kental manis (secukupnya), 1-2 buah jeruk lemon, dan sirup gula sesuai selera anda, tak lupa es batu agar minuman ini tersaji lebih segar. Meski demikian, tidak semua orang memiliki waktu untuk membuat sendiri es kelapa muda ini, dan lebih memilih untuk membeli yang sudah jadi di beberapa penjual es kelapa muda, yang biasanya menjamur saat memasuki bulan Ramadan.

3. Es Buah

Es buah
Es buah

Sama halnya dengan es kelapa muda, penjual es buah juga banyak tersebar dimana-mana, apalagi jika bulan Ramadan tiba. Es buah adalah minuman sajian perpaduan dari beberapa potong buah yang disajikan dingin dengan serutan es bertabur susu diatasnya. Di tambah siraman gulai cair sebagai tambahan menjadikan minuman ini salah satu menu favorit berbuka puasa. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak