Mari Nikmati Gurihnya Soto Mat Tjangkir


Sebagaimana diketahui, soto merupakan makanan khas Indonesia. Makanan berkuah ini ini disajikan lengkap dengan nasi sebagai pelengkapnya. Umumnya, soto di Indonesia memakai daging sebagai bahan utamanya. Itulah sebabnya banyak masyarakat yang gemar menyantap hidangan tersebut.

Saat ini, sudah banyak warung atau kedai yang menjual soto, salah satunya adalah warung soto yang berada di Jalan Maguwo, Banguntapan Bantul. Warung ini bernama Soto Mat Tjangkir.

Soto Mat Tjangkir ini menjadi tempat andalan untuk sarapan maupun makan siang para tentara Angkatan Udara (AU) Yogyakarta maupun warga biasa. Retno Yuliani selaku karyawan Warung Soto Mat Tjangkir mengatakan, kebanyakan pelanggannya berasal dari kalangan tentara. Pasalnya, tempatnya menjual soto tidak jauh dari markas TNI AU Yogyakarta.

“Kebanyakan yang datang tentara pagi gitu sudah ramai. Apa aja yang ada ya langsung habis gorengan, satenya. Kalo agak siang gini ya paling tinggal dikit. Kerupuk aja yang masih itupun tinggal berapa tuh,” ujar Retno, seperti dilansir Liputan6, Jumat (4/7/2014).

Lebih lanjut Retno menjelaskan, soto Mat Tjangkir ini asalnya dari kota Semarang. Meski begitu, rasa dari soto yang dijualnya sangat berbeda dengan soto khas Semarang.

Retno mengatakan, soto dari Semarang cenderung keruh kuahnya ditambah kuatnya rasa bawang putih goreng. Sedangkan, soto Mat Tjangkir, kuahnya lebih bening dan tidak keruh, serta rasa gurih soto pun sangat terasa.

Selain itu, komposisi yang ditawarkan pun juga berbeda dalam satu mangkuk. Soto ala Mat Tjangkir ini terdiri dari tauge, suwiran ayam, mie soun, tomat dan nasi.

“Bedanya kita kuah bening kalo Semarang kan biasanya kuahnya keruh kan dengan bawang yang kuat. Tapi disini semua orang bisa makan soto ini termasuk anak kecil,” urai Retno.

Terakhir, Retno membeberkan alasan kenapa sotonya dinamakan Mat Tjangkir. Pasalnya, pelopor soto Mat Tjangkir ini dahulunya menggunakan mangkok kecil seperti bentuk cangkir. Alhasil, soto tersebut dinamakan soto Mat Tjangkir. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak