Si Hitam Kecil yang Besar


Siapa tak kenal tanaman biji-bijian satu ini? Kopi memiliki kandungan yang didominasi oleh senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal yang memiliki sensasi rasa pahit. Kopi memiliki kandungan kafein yang bervariasi tergantung jenis biji, pengolahan, dan cara penyajian. Seperti pada kopi instan, kandungan kafein yang terdapat di dalamnya adalah 2,8-5,0%, kopi moka 1,00%, kopi robusta 1,48%, dan kopi arabika 1,10%.

Sudah banyak diketahui bahwa kandungan kafein yang terdapat di dalam si hitam ini dapat menanggulangi rasa kantuk untuk sementara. Kafein mengandung molekul yang memiliki kemampuan mengikat reseptor adenosine, nukleotida di dalam otak yang merespons rasa lelah.

Banyak anggapan negatif orang terhadap kandungan kafein pada kopi, seperti risiko kanker, diabetes mellitus, insomnia, dan penyakit jantung. Namun, penjelasan berikut ini pasti akan mengubah anggapan tersebut.

Dari segi kesehatan, secangkir kopi dapat melegakan sesak nafas, karena kafein yang terkandung di dalamnya dapat merelaksasi dan memperkuat kerja tonus otot nafas yang membantu paru-paru.

Manfaat si hitam ini dari segi kesehatan selain melegakan sesak nafas ialah mencegah batu ginjal. Sifat diuretik pada kopi dapat merangsang si peminum untuk cenderung banyak buang air kecil.

Masih dari segi kesehatan. Bagi Anda para pelamar kerja yang sedang menunggu antrian untuk wawancara, atau para mahasiswa yang akan melaksanakan siding skripsi, cobalah minum kopi 15-30 menit sebelumnya. Kenapa? Kandungan kafein pada kopi dapat membantu otak untuk berpikir lebih cepat. Kafein tersebut terbukti mampu memberikan â??sinyalâ? pada otak untuk lebih cepat merespon dan mengolah memori. Jadi, jangan lupa sisipkan sebungkus kopi di dalam tas Anda ya!

Kalau Anda penggemar makanan manis seperti cookies, cake coklat, permen, atau roti lapis selai manis, jangan lupa setelahnya untuk meminum secangkir kopi. Apa gunanya? Agar gigi Anda tidak cepat berlubang. Menurut Joe Vinson Ph.D dari University of Scranton, kafein dapat memberantas bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.

Bila sakit kepala sebelah atau migran ringan menyerang, jangan terburu-buru meminum tablet pereda nyeri. Karena menurut Seimur Diamond M.D dari Chicagoâ??s Diamond Headache Clinic, secangkir kopi pekat dapat menyembuhkan migran dalam kategori ringan.

Kopi juga bersahabat untuk perempuan. Bagi kaum hawa yang rutin meminum dua cangkir kopi atau lebih sehari dapat mengurangi risiko pengeroposan tulang (osteoporosis).

Masih banyak manfaat kopi ditinjau dari segi kesehatan. Seperti, dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak DNA, melindungi jantung, dan menurunkan risiko diabetes.

Baru dari segi kesehatan. Bagaimana dengan segi lainnya? Kecantikan misalnya. Kopi tak kalah banyak manfaatnya. Mari kita tinjau satu persatu.

Bagi kaum hawa, kulit halus mulus memang menjadi impian. Tapi alangkah sebalnya dan tidak pedenya seorang wanita bila ia memiliki garis-garis putih halus yang merupakan timbunan lemak yang menumpuk dan mengakibatkan permukaan kulit menjadi bergelombang menyerupai kulit jeruk. Ya, ini dinamakan selulit. Biasanya ditemukan di area tubuh seperti pangkal paha, dan bokong. Namun kini wanita tidak perlu khawatir lagi! Berbagai obat dan treatment telah dilakukan tapi tidak memberikan hasil yang signifikan. Kopi adalah jawabannya. Siapkan dua cangkir bubuk kopi, ½ cangkir gula atau garam laut, 2-3 sendok teh minyak zaitun atau baby oil. Campur semua bahan tersebut dan oleskan pada bagian berselulit, lakukan pijatan dengan gerakan memutar. Lakukan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu, lalu tunggu hasilnya! Kulit Anda akan terlihat mulus kembali.

Selain â??pahlawanâ? untuk masalah selulit, kopi juga dapat membuat kulit wajah kinclong! Bagaimana caranya? Setelah Anda meminum secangkir kopi, jangan buang ampasnya! Masukkan ke dalam mangkuk dan campurkan dengan segelas susu sapi murni. Bila terlalu encer, tambahkan sedikit kopi sampai kira-kira ia dapat menempel pada wajah tanpa bleber. Oleskan ke wajah dan leher lalu pijat. Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Lakukan sebanyak 2-3 kali seminggu. Lihat sendiri hasilnya! Wajah Anda tak kalah kinclongnya dengan artis-artis di televisi kok! Selain berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah, masker kopi juga bermanfaat sebagai tabir surya yang dapat mencegah kulit wajah dari keriput dan terbakar, juga dapat mencegah timbulnya jerawat.

Kopi tak hanya bersahabat bagi kaum hawa. Bagi para adam yang rajin meminum kopi, dapat membuat sperma mereka â??berenangâ? lebih cepat dan mampu meningkatkan kesuburan. Hal ini diumukan oleh para ilmuwan Brasil dalam pertemuan â??American Society for Reproductive Medicineâ? di San Antonio. So, guys, mulai sekarang, tidak usah pusing-pusing mencari-cari obat peningkat kesuburan. Minum kopi saja!

Namun, meskipun kini Anda sudah lebih mengenal si hitam ini, bukan berarti Anda jadi mengkonsumsinya berlebihan karena mengejar khasiatnya tersebut. Konsumsi yang melebihi ambang normal dapat intoksikasi kafeina atau mabuk kafein. Gejala yang timbul adalah resah, risau, insomnia, dan sering buang air kecil. Pada kasus yang lebih serius, intoksikasi kafeina bisa menyebabkan kejang otot, pikiran kusut, kepanikan, denyut jantung terganggu, dan gejolak psikomotor.

Jadi, tetaplah berada di area aman dalam konsumsi si hitam kecil ini ya.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak