STORY: Jose Musica, Presiden Miskin yang Baik Hati


Jose Mujica mungkin termasuk presiden yang langka, tak banyak politisi seperti dirinya. Sebagai seorang presiden, Jose tidak menerima gajinya secara penuh. Sebanyak 90 persen gajinya, Ia sumbangkan untuk fakir miskin.

Jose Mujica adalah presiden Uruguay, gaya hidupnya sederhana tanpa sedikitpun menunjukan kemewahan seperti pejabat pada umumnya. Jose Mujica menolak untuk menempati rumah dinas yang khusus untuk ditinggali seorang presiden di Uruguay. Ia memilih untuk meninggalkan rumah dinas yang megah nan mewah dan lebih memilih untuk tinggal di rumah istrinya yang terletak di luar ibu kota Uruguay, Montevideo.

Dilansir dari dream.co.id (Kamis, 17/7/2014), bersama sang istri Mujica menggarap tanahnya sendiri. Bunga-bunga indah tumbuh di sekitar pekarangan rumahnya yang mungil, air yang digunakan pun berasal dari sumur alami tanpa mengandalkan pasokan perusahaan air minum.

Selain itu sosok pria tua yang sudah beruban ini menyumbangkan sebesar 90 persen gajinya atau sekitar Rp 138.972.000 untuk disumbangkan ke badan amal yang ada di negaranya. Karena kemurahan hati inilah, Mujica dijuluki sebagai presiden termiskin di dunia.

â??Saya sudah hidup seperti ini hampir seluruh hidup saya. Saya bisa hidup dengan apa yang saya punya,” ucap Mujica.

Mujica hidup dengan mengandalkan 10 persen gajinya saja, atau setara dengan Rp 8,9 juta saja. Gaji tersebut sama dengan rata-rata penghasilan warga Uruguay. Namun hal tersebut tidaklah membuatnya gusar.

Pria yang lahir pada 20 Mei 1935 ini memiliki masa kelam yang membentuk gaya hidupnya yang sederhana seperti sekarang. Mujica pernah mengalami masa 14 tahun penjara dan pernah ditembak sebanyak enam kali. Pada tahun 60-an hingga 70-an dia menghabiskan waktunyadalam sebuah kelompok bersenjata sayap kiri yang terinspirasi dari revolusi Kuba. Barulah sejak tahun 2009, dirinya menjabat sebagai presiden.

Jumlah kekayaan Mujica hanyalah sebesar dua pertiga dari kekayaan wakilnya Danilo Astori. Walaupun begitu Ia tidak pernah merasa dirinya miskin walaupun mendapat julukan presiden termiskin di dunia. â??Saya disebut ‘presiden termiskin’, tapi saya tidak merasa miskin. Orang miskin adalah mereka yang hanya bekerja untuk mencoba memelihara gaya hidup yang mahal, dan selalu ingin berlebih-lebihan.”(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak