Mudah Lelah? Ini 4 Hal Penyebabnya


Mungkin Anda pernah merasakan kelelahan yang luar biasa, mengantuk atau tidak bersemangat saat akan berangkat bekerja. Hal ini bisa memiliki banyak penyebab. Dilansir dari Health.com, Jumat (25/7/2014), inilah 4 penyebab yang menjadikan Anda mudah lelah dan tidak bersemangat.

1. Tidak minum cukup air

Air sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah dehidrasi. Jika seseorang mengalami dehidrasi, maka tubuh akan mengambil cadangan air dari darah dan menjadikan darah lebih kental sehingga lambat dalam mengangkut oksigen ke otak, yang menyebabkan otak kelelahan.

2. Kurang Konsumsi zat besi

Kekurangan zat besi bisa membuat Anda merasa lesu, mudah marah, lemah, dan tidak fokus, selain itu juga bisa menyebabkan anemia. Jika sel darah merah kurang mendapat zat besi, maka sel darah merah juga lemah dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh terutama ke otak yang sangat membutuhkan oksigen. Anda bisa mengatasi dengan banyak makan kacang merah, tahu, telur dan sayuran hijau.

3. Melewatkan sarapan

Makanan yang Anda makan merupakan bahan bakar utama yang akan digunakan tubuh. Ketika Anda tidur, tubuh Anda terus menggunakan apa yang Anda dikonsumsi saat makan malam untuk menjaga aliran darah dan oksigen tersalur ke otak sehingga terkuras habis saat pagi hari. Oleh karena itu, Anda butuh asupan energi lagi saat pagi hari yang akan dipenuhi saat sarapan. Namun jika Anda melewatkan sarapan, maka tidak usah heran jika Anda merasa terus kelelahan sepanjang hari.

4. Minum minuman berkafein tinggi

Meskipun Anda sangat sibuk, namun menjaga kesehatan tubuh adalah yang utama. Bukan berarti kopi yang mengandung kafein tidak baik untuk tubuh, namun sebaiknya tidak berlebihan hingga menjadikan tubuh kesulitan tidur. Hal itu sangat bisa menjadikan tubuh kelelahan esok paginya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak