Ini Makna dan Hikmah Idul Fitri


Idul Fitri adalah hari raya dimana seluruh umat muslim di penjuru dunia merayakan kemenangannya setelah sebulan penuh melakukan ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan.

Saat berpuasa, seseorang tak hanya menahan lapar dan haus saja, namun harus bisa menahan hawa nafsu dari segala godaan yang terjadi di depan mata. Jika seorang muslim berhasil menjalankan ibadah puasa dengan sungguh-sungguh, maka ia termasuk golongan orang-orang yang bertakwa.

Sebagai ungkapan rasa syukur atas ibadah tersebut, Idul Fitri pun dapat kita peroleh sebagaimana telah dijelaskan dalam firman Allah SWT yang artinya : â??Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. â?

Dalam Islam, Idul Fitri berasal dari kata Id berdasar dari akar kata aada â?? yauudu yang bermakna kembali. Sementara kata fitri bermakna suci. Dengan kata lain, Idul Fitri diibaratkan sebagai seorang manusia yang kembali dalam keadaan suci seperti bayi yang baru dilahirkan dari kandungan ibunya. Suci dalam artian di sini adalah seorang manusia akan kembali ke asal kejadiannya yang bersih serta mereka mengikuti petunjuk Islam yang benar.

Selain makna, Idul Fitri pun mempunyai hikmah bagi seluruh umat muslim. Hikmah Idul Fitri bisa ditandai dengan kembalinya seorang muslim yang kepada fitrahnya. Dalam hal ini, seseorang akan memiliki sikap istiqomah yakni memegang agama Islam, dan berkeyakinan bahwa Allah itu maha Esa.

Kedua, dalam kehidupan sehari-hari, seorang muslim akan selalu berbuat dan berkata yang benar. Ketiga, seorang muslim tetap berlaku sebagai hamba Allah yang selalu taat dan patuh kepada perintah-Nya.

Pada intinya, Idul Fitri bermakna suka cita. Untuk itu, janganlah seseorang sampai bersedih maupun bermurung diri di hari kemenangan yang sangat istimewa tersebut.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H. Minal ‘Aidin wal-Faizin. Mohon maaf lahir dan batin. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak