Ke Surabaya Wajib Cicipi Kuliner Khas Surabaya Ini


Surabaya yang dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan ternyata memiliki beragam kuliner khas yang bisa Anda coba. Anda penasaran? Inilah 6 kuliner khas Surabaya yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Surabaya, dilansir dari Pegipegi, Minggu (3/8/2014).

1. Tahu Campur

Tahu campur
Tahu campur

Tahu campur ini berisi perkedel, tahu goreng, taoge, singkong, selada air, mie kuning, kerupuk udang dengan kuah sop daging. Terkadang, Anda juga akan menemukan lentho, yaitu gorengan yang dibuat dari kacang hijau atau kacang merah, kikil, urat, dan tahu kuning. Kalau mau, Anda juga bisa minta tambahan lontong. Rasanya makin berasa karena ditambah dengan bumbu petis.

2. Semanggi Surabaya

Semanggi Surabaya
Semanggi Surabaya

Semanggi Surabaya ini mirip seperti pecel, hanya saja didominasi oleh daun semanggi yang dikukus lalu dicampur dengan kangkung, kerupuk uli, dan kecambah. Makanan ini termasuk unik, karena tidak dapat ditemui di daerah lain. Selain itu cara makannya juga unik, karena tidak menggunakan sendok, melainkan cukup menggunakan kerupuk ukuran besar yang ada pada makanan ini.

3. Lontong Balap

Lontong balap
Lontong balap

Yang membuat lontong balap ini beda dengan menu lontong dari daerah lain adalah karena isiannya begitu lengkap, misalnya ada lentho, tauge, dan tahu goreng. Tambahan sate kerang membuat rasa lontong balap makin meriah dan gurih. Harganya juga termasuk murah meriah, yaitu hanya Rp 7 ribu hingga Rp 8 ribu saja.

4. Tahu Tek

Tahu tek
Tahu tek

Tahu tek ini mirip dengan ketoprak jika di Jakarta. Isiannya berupa lontong, telur, tahu goreng, kecambah, dan bumbu petis. Yang menarik dari makanan ini adalah bumbu petisnya sangat gurih. Ada juga rasa manis dan pedas sehingga sangat pas dipadukan dengan lontong yang punya tekstur padat.

5. Rujak Cingur

Rujak cingur
Rujak cingur

Dalam rujak cingur ini bahan-bahan yang dipakai umumnya berupa sayur dan buah-buahan, yaitu mangga, nanas, kedondong, kangkung, tempe, dan lontong. Namun yang membuat unik adalah rujak ini diberi cingur atau hidung kerbau. Tambahan bumbu campuran petis, kacang merah, gula merah, cabai dan udang membuat rujak cingur banyak diburu para wisatawan.

6. Sate Klopo

Sate klopo
Sate klopo

Dalam menu ini, satenya dilumuri dengan bumbu kelapa yang diparut atau dalam bahasa Jawa disebut dengan klopo. Pelengkapnya bisa berupa lontong atau nasi dengan bumbu kacang lalu ditambah dengan serundeng. Biar tambah nikmat, Anda bisa menyantapnya dengan sate ayam, udang, lemak, otot, sumsum, usus, atau daging sapi. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak