Mari, Cicipi Renyahnya Kue Gapit Khas Cirebon


Apabila Anda berjalan-jalan ke kota Cirebon, jangan sampai melewatkan untuk mencicipi salah satu makanan bernama kue gapit. Kue gapit adalah kue tradisional kota Cirebon yang dibuat dari tepung tapioka.

Kue ini bentuknya sangat mirip dengan kue simping. Bedanya, kue simping punya diameter lebih besar dengan ketebalan sangat tipis. Sedangkan, kue gapit berdiameter kecil dan lebih tebal.

Dinamai kue gapit lantaran proses pembuatannya digapit oleh dua lempeng besi di atas pembakaran. Alhasil, saat matang bentuk kue tersebut menjadi pipih.

Salah satu pengrajin yang menjual kue gapit di Cirebon adalah ibu Hj Kulsum. Wanita ini memulai usaha kue gapit sejak tahun 1995. Kini, pelanggan Hj Kulsum semakin banyak setiap harinya.

“Saya bawa kue gapit buatan orang sambil jualan kain di Tegalgubug dan Pasar Kanoman. Ternyata cukup banyak pelanggan yang suka hingga akhirnya saya memutuskan membuat sendiri kue gapit dan meninggalkan bisnis kain,” ujarnya, seperti dilansir Kompas, Selasa (5/8/2014)

Hj Kulsum mengatakan, dalam membuat kue gapit, ia melakukannya di rumahnya, Blok Babadan Barat, RT 04/04, Desa Battembat, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.

Awalnya, pembuatan kue gapit hanya dilakukannya sendiri dengan dibantu saudaranya. Sistem kerjanya pun masih kekeluargaan dan tidak setiap hari berproduksi. Kini Kulsum sudah punya sekitar 30 pegawai.

Kue gapit buatan Hj Kulsum itu bermerek 24. Kue tersebut dijual ke sejumlah toko oleh-oleh di Cirebon. Untuk dalam kota, Kulsum mengirim langsung kue ke pelanggan. Untuk luar kota, pelangganlah yang mengambil sendiri kue gapit ke rumah produksi.

Kue gapit yang dijual Hj Kulsum punya berbagai varian rasa yakni keju, udang keju, bawang, kencur, kacang bawang, manis wijen, manis cokelat, manis jahe, dan balado. “Setiap waktu saya selalu berpikir kira-kira rasa apa yang harus disuguhkan ke pelanggan agar tak bikin bosan,” ujar Kulsum.

Hj Kulsum membanderol kue gapitnya dengan harga berbeda-beda tergantung rasanya. Gapit rasa keju dijual seharga Rp 24.000 per kilogram. Kue gapit rasa udang keju, bawang, rasa kencur, rasa kacang bawang dibanderol seharga Rp 26.000 per kilogram. Sedangkan, kue gapit manis ditawarkan seharga Rp 28.000 per kilogram.

Kue gapit kreasi Hj Kulsum dapat dibeli di pusat oleh-oleh khas Cirebon di Pasar Pagi, Pasar Kanoman, Jalan Lemahwungkuk, dan Pasar Kue Plered. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak