Hwajeon, Kue Musim Semi dari Korea


Semua orang di dunia ini pasti sangat suka memakan kue. Pasalnya, kue memiliki cita rasa manis dan bertekstur lembut dan halus. Saat ini, kue dapat dengan mudah ditemui di pasar, toko kue, maupun swalayan. Setiap negara tentunya mempunyai kue khas. Kali ini, kita akan membahas kue yang berasal dari negara Korea.

Seperti dilansir dari Merdeka.com, Selasa (9/9/2014), kue ini bernama Hwajeon. Ini merupakan sejenis kue yang terbuat dari beras. Di negara Korea sendiri, camilan manis ini umumnya disajikan sebagai hidangan penutup atau makanan ringan.

Hwaejeon mempunyai bentuk seperti kue dadar atau pancake. Kue ini disebut kue unik lantaran sajiannya yang cukup menarik perhatian. Pasalnya, Hwaejeon ditaburi oleh bunga kecil di bagian atasnya. Adapun bunga yang paling sering dipakai adalah bunga Jindallae atau azalea, tetapi bunga mawar, krisan, sakura, atau bunga pir juga bisa dijadikan topping.

Hwaejeon kerap hadir dalam perhelatan acara pada musim semi Korea. Kue cantik ini disantap pada saat hwajeon nori, sebuah tradisi yang sudah berlangsung sejak masa Dinasti Goryeo. Tradisi mengonsumsi hwajeon sendiri dinamakan kkot darim atau yang dalam bahasa Indonesia berarti membuat bunga. Umumnya, tradisi ini diadakan pada saat hari samjinnal, yaitu tepat hari ketiga di bulan ketiga kalender imlek Korea.

Jika sudah tiba pada hari samjinnal, biasanya para wanita akan berpiknik ke gunung sambil membawa penggorengan. Selanjutnya, kaum hawa langsung memetik bunga-bunga musim semi yang tumbuh di sekitar situ dan membuat hwajeon.

Kemudian, barulah hwajeon dimakan bersama-sama sambil menikmati pemandangan indah pegunungan di musim semi. Wah, sepertinya menarik sekali ya penyajian kue cantik tersebut. Bagaimana JBers? Tertarikkah untuk menyantap kue imut bernama Hwaejeon ini? (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak