Bra Menimbulkan Kanker Payudara, Benarkah?


Selama bertahun-tahun, meningkatnya jumlah penderita kanker payudara banyak dihubungkan dengan berbagai keadaan yang mungkin menjadi penyebab terjadinya kanker yang lebih banyak diderita wanita ini. Obat penunda kehamilan, antiperspirant, ukuran dada, hingga bra seringkali dikaitkan dengan penyakit mematikan tersebut.

Apakah benar kalau kanker payudara yang banyak dialami oleh wanita di seluruh dunia ini disebabkan oleh bra? Jika Anda seorang wanita, maka Anda bisa bernapas lega, karena jawabannya adalah tidak.

Dilansir Womenshealthmag.com, Kamis (11/9/2014), penelitian terbaru menyebutkan tidak ada hubungan antara pemakaian bra dengan penyakit kanker payudara pada wanita. Penelitian ini melibatkan sekitar seribu lebih, tepatnya 1044 wanita pasca menopause yang terdiagnosa kanker payudara dan dibandingkan dengan 469 wanita pasca menopause yang tidak memiliki kanker payudara. Mereka ditanyai mengenai kebiasaan menggunakan bra dan juga riwayat kanker pada keluarga mereka.

Hasilnya, bisa disimpulkan kalau menggunakan bra tidak beresiko menimbulkan kanker payudara dan tidak ada pengaruh antara lamanya menggunakan bra dengan penyakit kanker payudara, meskipun bra tersebut di dalamnya menggunakan kawat.

Bra sebelumnya pernah dianggap menjadi salah satu penyebab kanker payudara. Hal ini disebabkan oleh sebuah penelitian pada tahun 1991 yang menyatakan bahwa ada sedikit hubungan antara penggunaan bra dengan tingkat kejadian kanker. Namun, penelitian terbaru di atas telah membantah hasil dari penelitian lama itu, sehingga rumor tersebut tak perlu menyebar lagi.

Jadi, Anda kini tidak perlu khawatir lagi mengenakan bra. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa mengenakan bra setiap saat. Ada kalanya Anda juga perlu memberikan ‘istirahat’ pada payudara Anda dengan cara tidak mengenakan bra pada malam hari. Selain untuk kesehatan, melepas bra pada malam hari bisa memberikan kenyamanan saat tidur. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak