Don't be Captious

Jepang Punya Sushi Tak Biasa, Terbuat dari Daging Kuda

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Menyantap sushi yang berbahan fillet seafood mungkin sudah biasa. Kappamaki atau inarisushi yang terbuat dari timun dan kulit tahu pun sudah biasa. Kalau begitu ini saatnya bagi Anda untuk mencoba sushi yang berbeda dari biasanya, yaitu terbuat dari daging kuda.

Sushi variatif ini diperkenalkan oleh Nikuzushi, sebuah kedai sushi di Ebisu, tepatnya di belakang deretan restoran di pertokoan Ebisu Yokocho, Jepang. Kedai yang memiliki nama berarti ‘sushi daging’ ini memang terkenal karena menu sushi daging kuda yang ditawarkan.

Dilansir dari Rocketnews24, Minggu (21/9/2014), menu yang direkomendasikan oleh kedai sushi tersebut adalah satu set sushi daging kuda seharga 1.600 Yen atau sekitar Rp 176 ribu. Satu set sushi itu terdiri dari dua potong akami (daging tanpa lemak), harami (bagian perut), nakaochi (bagian punggung), dan negitoro (daging berlemak dan daun bawang yang dibalut nori).

Daging kuda yang menjadi bahan andalan dalam kuliner ini diimpor oleh Nakamura, sang chef dari peternakan Kanada. Pasalnya, selain lebih murah daripada daging kuda produksi Jepang (yang paling terkenal di daerah Kyushu), daging kuda asal Kanada juga lebih rendah lemak, cocok dipadukan dengan nasi cuka. Dengan begitu kedai bisa menjual sushi dengan kualitas tinggi namun dengan harga yang masih terjangkau. Hal itu dikarenakan daerah Ebisu adalah surganya kaum profesional muda Jepang yang mencari hiburan serta kuliner terjangkau.

BACA JUGA:  Belajar Bahasa Asing yang Menyenangkan Tanpa Kursus Lewat 5 Situs Ini

Selain daging kuda, Anda juga bisa menikmati sushi dari daging sapi, yang tak kalah enaknya. Konon rasa daging sapinya meleleh di dalam mulut.

Setiap hari kedai ini mulai melayani pembelian mulai dari jam 5 pagi hingga jam 5 sore. Tetapi mereka tutup setiap hari Minggu dan hari libur nasional. Jadi sebaiknya Anda berkunjung ke sana saat hari kerja. (tom)

Latest article