Mocona Falls, Air Terjun Terlebar di Dunia


Selama ini kita tahu bahwa Niagara merupakan air terjun terlebar dan paling populer di dunia. Tapi rupanya, Niagara bukanlah air terjun terlebar, jika dibandingkan dengan Mocona Falls, Niagara masih kalah lebar dengan air terjun yang satu ini.

Air terjun yang membentuk seperti tirai yang panjang ini terletak di Provinsi Misiones, Argentina. Hanya saja tak sepopuler Niagara, masih banyak orang yang belum tahu akan keberadaan air terjun yang memiliki panjang mencapai 3 kilometer ini.

Tak hanya lebar, dilansir dari Amusing Planet (Minggu, 28/9/2014), keunikan lainnya yang dimiliki Mocona Falls adalah airnya tidak terjun langsung ke sungai Uruguay di bawahnya, tetapi mengalir bersama aliran sungai.

Mocona Falls memiliki nama lain Yucumã yang artinya “kejatuhan yang besar”. Mocona berasal dari bahasa Guarani yang disarikan dan memiliki arti “menelan segalanya”. Air terjun ini memiliki sejarah yang unik kenapa namanya ada dua.

Alasan kenapa air terjun bernama ganda adalah karena air terjun tersebut melintasi dua negara yakni Brasil dan Argentina. Di Brasil air terjun tersebut dipanggil dengan sebutan Yucumã dan di Argentina benama Mocona.

Diperkirakan, air terjun ini sudah ada sejak zaman es. Terkadang Mocona Falls terlihat seperti pusaran air yang sangat besar ketika sungai yang ada di bawahnya meluap dan menutupi seluruh air terjun, namun ketika air sungai kembali surut tirai air di air terjun ini terbentuk hingga 18 meter.

Untuk Anda yang ingin mengunjungi air terjun ini pemerintah Argentina menyediakan area untuk berkemah di sekitar taman nasional Yabotí Biosphere Reserve. Saat musim kemarau, pengunjung dapat berkunjung ke ngarainya yang memiliki kedalaman hingga 100 meter. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seru seperti berkano, rafting, dan safari.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak