Kefir, Minuman Mirip Yoghurt Kaya Manfaat


Mungkin Anda masih asing dengan minuman bernama kefir. Kefir merupakan minuman yang mirip yoghurt, namun dengan khasiat yang melebihi yoghurt.

Kefir wujudnya agak kental dan memiliki rasa sedikit asam meski tidak sekental yoghurt. Minuman ini merupakan minuman hasil fermentasi, karena itu bisa dikatakan mirip seperti yoghurt. Yang membedakannya adalah proses pembuatannya. Dilansir dari Kumpulan.info, Minggu (28/9/2014), pada proses fermentasi yoghurt, bakteri yang digunakan adalah Bifidobacterium sp. dan Lactobacillus sp., di samping Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus. Sedangkan kefir dibuat dengan menggunakan biji kefir yang mengandung bakteri Streptococci dan Lactobacilli / Streptococcus sp dan Lactobacilli.

Susu segar yang telah dipersiapkan dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 85-90 derajat Celcius, kemudian dimasukkan dalam wadah gelas dan didiamkan sampai mencapai suhu kamar (25-28 derajat Celcius). Setelah itu, bibit kefir dimasukkan dalam susu. Proses ini dibiarkan semalaman (antara 20-24 jam). Inilah proses fermentasi yang dihasilkan oleh biji kefir.

Hasilnya, susu akan membentuk gumpalan. Gumpalan ini kemudian disaring yang akan memisahkan antara biji kefir dengan minuman kefir yang siap diminum. Jika Anda suka, dapat ditambahkan gula atau madu sebagai pemanis. Kefir dapat disimpan dalam lemari es selama 1-3 hari jika tidak langsung diminum.

Kefir memiliki rasa yang unik, campuran dari rasa asam, soda dan sedikit rasa alkohol. Juga memiliki buih pada lapisan atasnya. Lebih nikmat bila diminum dalam keadaan dingin.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari kefir ini antara lain adalah Menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam sistem pencernaan sehingga sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan, menurunkan kolesterol, mencegah kanker atau tumor dan membantu penderita lactose intolerance untuk mendapatkan manfaat gizi dari susu.

Selain kaya manfaat, pembuatan susu menjadi kefir merupakan salah satu cara mengawetkan susu agar tidak cepat rusak. Anda juga dapat menikmati kefir dengan berbagai rasa. Di berbagai tempat, kefir dijual dicampur dengan rasa buah. Seperti yoghurt, Anda juga bisa menikmati frozen kefir yang nikmat. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak