Mewahnya Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya


Pelabuhan biasanya identik dengan kumuh, kotor dan tidak nyaman. Namun beda halnya dengan Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, karena kesan kumuh dan kotor khas pelabuhan tidak terlihat di sana.

Revitalisasi pelabuhan Tanjung Perak diresmikan langsung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. Dia meresmikan berdirinya Terminal penumpang Gapura Surya Nusantara yang berkapasitas 4.000 penumpang. Dahlan sumringah sekaligus bangga dengan proyek mempercantik pelabuhan yang selama ini identik dengan infrastruktur bagi warga negara kelas menengah ke bawah.

“Keramiknya lebar-lebar, alat-alatnya dari stainless sehingga memudahkan untuk dibersihkan dan tidak gampang kotor. Saya senang akhirnya ada terminal yang katakanlah untuk kelas menengah ke bawah, tapi nyaman,” ungkap Dahlan seperti dilansir dari Merdeka, Jumat (3/10/2014).

Revitalisasi Pelabuhan Tanjung Perak dengan terminal penumpang Gapura Surya Nusantara ini, seolah mematahkan anggapan bahwa terminal yang bagus hanya untuk kalangan menengah atas. “Jadi bisa bagaimana menengah ke bawah diajari dan diberikan terminal bagus yang selama ini hanya milik menengah ke atas,” ungkapnya.

Hebatnya lagi, Pelabuhan Tanjung Perak ini memiliki kenyamanan dan kemewahan sekelas bandara internasional. Seperti apa mewahnya pelabuhan ini?

Di pelabuhan ini, sistemnya mirip seperti di bandara, dimana tiap penumpang harus melewati security checking. Tahap ini mengharuskan seluruh barang bawaan, serta dirinya sendiri diperiksa melalui metal detector oleh pihak terminal.

Setelah itu, penumpang diharuskan memeriksakan tiket mereka untuk mendapatkan boarding pass. Boarding pass akan digunakan untuk akses menunggu di ruang tunggu penumpang. Setelah mendapatkan boarding pass, penumpang tinggal duduk manis di ruang tunggu bernama boarding room layaknya di bandara.

Direktur Utama Pelindo III (Persero) Djarwo Surjanto menuturkan, menambahkan, di dalam terminal penumpang disediakan 2 garbarata atau jembatan berdinding dan beratap yang menghubungkan ruang tunggu penumpang ke kapal, yang biasanya hanya ada di bandara.

Selain sistem pelabuhan, Pelabuhan Tanjung Perak ini juga memberikan fasilitas yang nyaman, seperti adanya pendingin ruangan atau AC. Dengan begini, tiap penumpang yang akan menaiki kapal tidak perlu khawatir kepanasan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak