Surga Masakan Jawa di Warung Lawuh Ndeso Salatiga

Warung Lawuh Ndeso boleh dibilang sebagai rujukan utama jika anda ingin bersantap pagi atau siang dengan menu masakan Jawa yang komplit di Salatiga. Tempat ini sebetulnya belum lama berdiri, namun reputasi pemiliknya sebagai pengusaha katering Sinar Mulya Abadi yang terkenal di Salatiga agaknya turut menjadi jaminan kualitas berbagai masakan yang ditawarkan.

Dilansir dari Kabar Kuliner, Sabtu (4/10/2014), sebelum menjadi rumah makan seperti sekarang, Lawuh Ndeso dulu hanya berupa warung mobil yang khusus berjualan di bulan Ramadan. Yang dijajakan adalah aneka menu untuk berbuka puasa. Mungkin karena melihat penggemarnya cukup banyak, sang pemilik pun mulai berani membuka rumah makan permanen dengan jam buka pagi hingga sore hari.

Lawuh Ndeso merupakan warung makan berkonsep prasmanan. Pembeli bebas memilih atau mengambil sendiri menu makanan yang diinginkan. Seperti namanya, Lawuh Ndeso, yang berarti lauk tradisional atau masakan kampung, adalah surga kecil bagi mereka yang rindu masakan rumahan ala Jawa. Ada puluhan menu masakan Jawa yang ditawarkan di sini, dari sayur hingga aneka lauk pauk.

Beberapa menu yang bisa Anda coba di sini antara lain adalah brongkos, sambal tumpang, mangut, gudeg, sambal goreng krecek, sayur lodeh, sayur asem, sup matahari, oseng daun pepaya, buntil, soto ayam, gado-gado, pepes tahu/ayam/jamur, tahu/tempe bacem, perkedel kentang ayam bakar, sate jeroan, sate keong lombok ijo, ikan goreng, aneka gorengan, dan masih banyak lagi.

Di antara semuanya, sup matahari adalah menu paling populer di Lawuh Ndeso dan sudah menjadi semacam signature dish tempat ini. Disebut sup matahari karena isiannya memang dibentuk seperti matahari. Isian tersebut terbuat dari campuran daging, tahu, wortel, jagung, sosis yang dibungkus telur dadar tipis. Untuk penyajiannya, lapisan telur dibuka sehingga seolah membentuk matahari dan disiram dengan kuah kaldu yang tipis namun gurih.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi warung ini, Anda bisa langsung datang ke Jl. Langenrejo No. 6, Gendongan, Salatiga, Jawa Tengah. Warung Lawuh Ndeso buka dari pagi hingga sore. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Hotel di Atas Gunung Ini Tawarkan Penginapan Gratis

Fans Kecewa Ada â??Aku Rapopoâ?? di â??Mahabharata Showâ??