7 Tips Agar Terhindar dari Alergi


Alergi adalah keadaan dimana tubuh akan mengalami reaksi ketika terkena zat-zat pemicu alergi atau alergen. Anda perlu mencegah timbulnya alergi karena hal ini akan menyebabkan gatal-gatal, pilek, hidung tersumbat, demam dan pusing. Selain itu, penderitanya juga akan mengalami kulit yang memerah, peradangan, bintik-bintik merah, bengkak hingga asma.

Alergi bisa disebabkan karena kotoran, polusi, jamur, bulu binatang, makanan tertentu, serbuk sari, kotoran dan sebagainya. Namun Anda bisa mencegah timbulnya alergi. Dilansir dari Segi Empat, Senin (6/10/2014), berikut 7 tipsnya.

1. Rutin Membersihkan Ruangan

Agar alergi tidak kambuh, sebaiknya Anda rutin membersihkan rumah dari zat-zat penyebab alergi. Usahakan agar sirkulasi udara di dalam rumah lancar sehingga udara segar bisa keluar masuk dengan bebas dan rumah tidak lembab. Gunakan pendingin ruangan atau AC untuk menghilangkan penyebab alergi.

2. Menjaga Kebersihan Saluran Pernapasan

Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan saluran pernapasan, dalam hal ini rongga hidung, untuk mengeluarkan alergi yang mungkin saja terhirup.

3. Mengkonsumsi Makanan Herbal

Beberapa bahan makanan dapat melegakan sinus seperti bawang putih, cabe, jahe, kemangi, kunir, kunyit, lobak dan oregano. Selain itu, sebaiknya Anda mengkonsumsi sayuran organik dan membersihkan buah dan sayur sebelum dimasak.

4. Tidak Mengkonsumsi Alergen

Jika Anda alergi terhadap makanan tertentu, maka cara terbaik adalah menghindari makanan tersebut. Dengan begitu, maka tubuh tidak akan mengalami reaksi alergi.

5. Melakukan Pijat Acupressure

Pijat Acupressure adalah cara untuk meringankan alergi sinus. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan jari telunjuk Anda untuk memijat sisi hidung yang bertemu dengan pipi dan tahan selama 3 menit sambil menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya dengan perlahan.

6. Mengkonsumsi Madu

Madu adalah bahan makanan yang memiliki begitu banyak manfaat, salah satunya adalah untuk mencegah alergi. Oleh karena itu, konsumsilah madu asli 1 sendok makan setiap harinya. Atau bisa juga Anda mengkonsumsi suplemen sari madu.

7. Konsumsi Teh Hijau

Histamin dapat meningkatkan resiko alergi karena zat ini akan menyebabkan peradangan pada pembuluh darah. Untuk mengatasi hal tersebut, maka sebaiknya Anda mengkonsumsi teh hijau dan teh chamomile yang mengandung zat antihistamin yang bisa memperbaiki sistem kekebalan tubuh. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak