Nikmati Sajian Rendang khas Minang


Masakan rendang memang sudah tak asing lagi bagi sebagian orang Indonesia. Bagaimana tidak? Rendang yang diolah dari daging sapi ini memiliki cita rasa lezat dengan sajian bumbu yang diracik dengan sempurna. Kali ini, JadiBerita akan membahas tentang hidangan rendang khas Minang.

Sebuah rumah makan di Padang, Sumatera Barat bernama Rendang Minang Culinary menyajikan menu rendang dengan rasa yang dijamin menggoda lidah. Sang pemilik, Dian Anugerah mengatakan, sebelum memasak rendang, biasanya ia terlebih dahulu mengaduk santan kelapa yang dimasak dalam kuali dengan api kecil.

Adapun bumbu-bumbu yang ditumbuk halus yakni bawang merah, bawang putih, jahe, dan lengkuas serta sereh, daun limau dan daun salam. Setelah itu, barulah bumbu tersebut dimasukkan ke kuali berisi santan sambil terus diaduk.

“Ini baru tahap awal, untuk menghasilkan rendang yang sempurna butuh waktu dua hari untuk memasaknya,” kata Dian, seperti dilansir Kompas, Senin (6/10/2014)

Setelah campuran santan dan bumbu berubah warna menjadi kecoklatan, Dian pun memasukkan potongan daging sapi berukuran sekepalan tangan ke kuali sembari terus mengaduk. Ternyata, proses memasak rendang berlangsung hingga dua hari. Esok harinya, daging itu pun dimasak lagi dengan api kecil sampai berubah warna menjadi coklat kehitaman.

Lebih lanjut Dian menuturkan, memasak dengan api kecil dalam waktu lama membuat cita rasa rendang menjadi enak dan lezat. “Ketika rendang dimasak dengan api kecil terjadi proses karamelisasi, minyak santan akan keluar, bumbu meresap dan daging matang dengan sempurna sehingga diperoleh sensasi perpaduan rasa bumbu dan daging yang lembut dan spicy,” tutur Dian

Usaha kuliner yang dimulai sejak tahun 2011 silam pun kini semakin ramai didatangi oleh pengunjung. Tak hanya masyarakat biasa, rumah makan milik Dian ini telah dikunjungi oleh kalangan selebriti dan pejabat seperti Zara Zettira, Kristina, dan Fahira Idris. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak