7 Film Superhero Terburuk Sepanjang Masa

Film yang diadaptasi dari buku komik, terutama tentang superhero selalu menjadi investasi besar, menarik, dan menguntungkan di kancah Hollywood. Namun ternyata tidak semua film superhero memiliki penghasilan tinggi dan sukses. Ada beberapa produksi film bergenre superhero yang justru mengalami kerugian besar karena kurang menarik, bahkan dianggap gagal. Berikut adalah 7 silm superhero terburuk sepanjang masa, seperti dilansir dari Total Film, Jumat (7/11/2014).

1. Super

Super
Super

Film ini sebenarnya secara teknis bukan merupakan adaptasi dari komik, melainkan superhero khayalan milik Crimson Bolt. Uniknya, superhero ini sama sekali tidak memiliki keterampilan untuk bertarung melawan penjahat. James Gunn selaku sutradara dari film berjudul ‘Super’ ini mengaku mendapatkan pemasukan sebesar USD 327.715. Padahal anggaran pembuatan film ini mencapai USD 2 juta.

2. Steel

Steel
Steel

Pemain basket profesional, Shaquille O’Neal adalah pemeran yang membintangi film superhero “Steel”. Sebenarnya cukup masuk akal dan memang pantas, mengingat Shaq adalah sosok pria bertubuh ‘raksasa’ yang cocok memerankan manusia baja. Namun yang terjadi adalah film ini terjebak dalam ‘keterpurukan’ di dalam bioskop selama 2 minggu. Hanya sedikit saja yang menonton. Income film ini adalah USD 1.710.972. Sedangkan anggaran pembuatan filmya mencapai USD 16 juta.

3. Barb Wire

Barb Wire
Barb Wire

Barbara Kopetski atau Barb Wire, adalah Dark Horse di tokoh komik yang muncul di pertengahan tahun 1990-an. Si seksi Pamela Anderson didapuk sebagai pemeran utama di film ini. Dalam film penuh aksi ini, Anderson dipaksa untuk mengenakan korset ketat sehingga sangat menonjolkan sisi paling menarik di tubuhnya. Sayang, hal itu justru membuat banyak pihak merasa kurang nyaman. Anggaran pembuatan sebesar USD 9 juta, ternyata film ini hanya meraup pemasukan USD 3,7 juta.

4. Supergirl

Supergirl
Supergirl

Ada Superman, maka layak untuk hadir tokoh Supergirl. TriStar Picture merilis film tahun 1984 yang dibintangi oleh Helen Slater sebagai “SuperGirl”. Film dengan anggaran sebesar USD 35 juta ini sempat merajai posisi puncak di Box Office dengan pemasukan sebesar USD 14 juta. Sayangnya, di bioskop sendiri film ini sepi penonton, meskipun dipajang selama 10 minggu lamanya.

5. Catwoman

Catwoman
Catwoman

Film “Catwoman” yang dibintangi oleh Halle Berry dengan menggunakan pakaian catsuit seksi ini ternyata tidak berkiprah bagus di Box Office. Anggaran sebesar USD 100 juta nyatanya hanya mampu meraup pemasukan sebesar USD 40 juta.

6. Elektra

Elektra
Elektra

Berdasarkan karakter komik Marvel buatan frank Miller, Elektra adalah seorang pembunuh yang menggunakan senjata tajam yang disebut sai untuk menumpas kejahatan. Film ini meraup USD 24 juta dalam negeri. Pada saat itu film ini termasuk film terlaris terendah dalam 10 tahun terakhir yang menampilkan karakter Marvel. Pihak produser pun menyadari bahwa film ini tidak ada kelayakan untuk dibuat sekuelnya.

7. The Shadow

The Shadow
The Shadow

Film yang ditulis oleh penulis terkenal Jurassic Park, David Koepp ini dibuka pada bulan Juli 1994 dan sama sekali tidak menggebrak pasar. Peminat sepi, bahkan sangat tidak menarik. Hasil itu pun membuat Universal membatalkan waralaba pada “The Shadow”. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

STORY: Perjuangan Ibu Rawat Anaknya yang Kena Penyakit ‘Celebral Palcy’

Foo Fighters Unjuk Dua Lagu Baru