Indahnya Pemandangan Bawah Laut Taman Nasional Teluk Cenderawasih


Jika Anda mengira hanya Raja Ampat yang dikenal sebagai tempat yang memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan di tanah Papua. Mungkin Anda harus berpikir ulang, karena terdapat tempat lain yang memiliki keanekaragaman hayati yang lebih banyak, lebih luas, dan lebih indah yang ada di Papua.

Tempat tersebut adalah Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC). Tempat ini merupakan kawasan konservasi laut terbesar yang ada di Indonesia. Seperti yang dilansir indonesia.travel (Selasa, 11/11/2014), Taman Nasional ini diresmikan pada tahun 1993 dengan luas lebih dari satu juta hektar yang membentang dari timur Semenanjung Kwatisore hingga Pulau Rumberpon. Kawasan TNTC meliputi luas lautan yang mencapai 89,8% dengan terumbu karangnya sebanyak 5,5%, daratan dan pulau-pulaunya sekitar 3,8%, serta daratan dan pesisir pantainya hanya sebesar 0,9% saja dari total keseluruhan lahan.

Secara administratif wilayahnya berada di dua tempat yakni Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Nabire, Provinsi Papua. TNTC sendiri adalah sebuah teluk yang dikelilingi oleh beberapa pulau diantaranya Pulau Yapen dan Pulau Biak.

Jika Anda diving di laut TNTC, Anda akan bisa melihat atraksi yang mengagumkan dari hewan laut raksasa yakni Hiu Paus yang ramah dan tidak memburu manusia. Bisa melihat hewan laut ini dari dekat merupakan hal yang paling diincar oleh para penyelam. Hiu paus ini sering muncul ke permukaan dan berinteraksi dengan para nelayan sekitar perairan. Selain itu penelitian tentang hius paus ini pun dilakukan di TNTC, dengan berbagai kerja sama antara pemerintah, LSM, swasta, masyarakat, dan perguruan tinggi baik dari dalam maupun luar negeri.

Jika Anda  ingin berwisata goa,, disini juga ada tempatnya yakni di Pulau Mioswaar. Di dalam goa terdapat sumber air panas yang mengandung belerang. Sungguh keajaiban alam yang hanya Anda bisa temukan di tanah air Indonesia.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak