Sumsum Tulang Kambing Pak Manto, Nikmat dan Berkhasiat


Tak salah jika kota Solo dijuluki sebagai surga kuliner. Salah satu menu yang wajib Anda coba adalah sumsum tulang kambing khas Pak Manto.

Banyak warung makan yang menyajikan menu berbahan dasar kambing seperti sate buntel dan tengkleng, namun ada yang beda dengan warung sate Pak Manto. Warung yang terletak di Jalan Honggowongso 36 Solo itu menyuguhkan kenikmatan sumsum tulang kambing dalam masakan rica-rica tulang kambing.

Diakui Manto, awal menyajikan sajian kuliner tersebut hanya berbekal coba-coba. Tak dinyana, respons konsumen positif. Pelanggannya kini tak terbatas hanya dari Solo.

“Dulunya kan di Solo belum ada kuliner sumsum tulang kambing. Nah, ketika saya mencoba menawarkan kuliner ini, alhamdulillah ternyata banyak peminatnya,” aku Manto seperti dilansir dari Metro TV News, Jumat (21/11/2014).

Proses pengolahan dimulai dari memotong dan merebus tulang kaki kambing bersama kuah bumbu gulai. Kemudian untuk memudahkan proses selanjutnya, tulang kaki kambing diikat menjadi beberapa bagian. Lalu dimasukkan dalam penggorengan bersama bawang putih, mentega, kuah bumbu, dan bahan-bahan pelengkap, yakni kubis dan tomat. Setelah dibubuhkan garam, merica, dan kecap secukupnya, sumsum tulang kambing khas Pak Manto siap disantap.

Cara menikmati hidangan ini cukup unik. Cukup dengan menyedot di bagian tengah tulang. Rasa pedas, manis, gurih sumsum yang lembut akan langsung menyeruak di lidah.

Tak hanya menggoyang lidah, sumsum tulang kambing mengandung zat dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Protein yang merupakan nutrisi dari beberapa asam amino diperlukan tubuh untuk pertumbuhan dan menjalankan fungsi normal tubuh.

Selain itu, khasiat lainnya adalah dapat mempercepat penyembuhan patah tulang karena sumsum tulang kaki kambing mengandung kalsium tinggi.

Seporsi sumsum kambing muda dihargai Rp 35 ribu. Selain menu tersebut, warung ini juga menjual olahan kambing lainnya, seperti tengkleng, gule, garang masak, sate buntel, nasi goreng kambing, dan lain-lain. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak