Awas, Hindari Jemur Pakaian dalam Ruangan


Banyak orang yang sering mengeluhkan musim hujan, hal ini karena mereka lebih sulit untuk menjemur sehingga pakaian lebih lama kering. Salah satu jalan yang sering dilakukan orang-orang adalah menjemur pakaian dalam ruangan. Cara ini sering dinilai sebagai alternatif terakhir bagi mereka yang merasa kesulitan untuk mengeringkan pakaiannya.

Meskipun hal ini terlihat aman dan lumrah, namun kamu harus berhati-hati. Karena ternyata kegiatan menjemur dalam ruangan ini bisa berakibat buruk untuk kesehatan, terlebih lagi jika di dalam rumah kamu  ada penderita asma.

Dilansir dari Segi Empat, Senin (1/12/2014), Professor David Denning yang merupakan peneliti dari National Aspergillosis Centre, Manchester, Inggris, mengatakan bahwa ketika Anda menjemur pakaian dalam ruangan, maka sisa-sisa air dari pakaian akan diserap oleh udara yang terdapat dalam ruangan. Hal itulah yang kemudian membuat udara di dalam ruangan menjadi lembab.

Ketika udara dalam ruangan lembab, maka fungus atau jamur memiliki ruang untuk berkembang. Padahal jamur ini bisa memicu terjadinya infeksi paru-paru. Yang kemudian akan menyebabkan masalah pada kesehatan pernapasan.

Bagi kamu yang memiliki imunitas tubuh yang baik untuk melawan infeksi, kamu tidak akan terpengaruh dengan pertumbuhan fungus ini. Tapi bagi mereka yang memiliki imunitas tubuh yang rendah atau memiliki penyakit asma, pertumbuhan dan perkembangan fungus bisa membuatnya terserang pulmonary aspergillosis. Dan pulmonary aspergillosis ini akan meningkat saat musim hujan.

Pulmonary aspergillosis ini adalah infeksi paru-paru yang disebabkan oleh jamur atau fungi aspergillosis. Penderitanya penyakit ini akan menunjukkan gejala-gejala masalah pernapasan yang berbeda setiap orangnya. Hal ini tergantung pada seberapa parah infeksi yang menyerang. Penderita penyakit ini bisa saja mengalami sesak napas hingga batuk darah. Tidak hanya itu, penderita penyakit ini juga bisa saja mengalami kerusakan parah di paru-parunya.

Jadi ada baiknya jika Anda mencari cara lain untuk mengeringkan pakaian. Anda bisa menggunakan pengering pakaian atau menjemur pakaian di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak