5 Lagu Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri

lagu indonesia

Lagu Indonesia yang diciptakan oleh para musisi Indonesia tak jarang mendapatkan popularitas di luar negeri, meskipun dari musisinya sendiri tidak bermaksud untuk menjadikan lagu ciptaannya itu go international. Berikut adalah 5 lagu Indonesia yang terkenal di luar negeri, seperti dilansir dari blog Majalah Armanees, Minggu (14/12/2014).

1. Nina Bobo

Lagu yang sering disenandungkan saat seorang ibu pada anaknya yang akan tidur ini, ternyata telah dinyanyikan oleh penyanyi asing seperti Anneke Gronloh,Wieteke van Dort, Li Xiao Mei dan yang terbaru adalah Claudia Patacca dan Gerrit Ellen dalam sebuah orkestra di Belanda. Menariknya adalah, karena lirik lagu ini dinyanyikan tanpa perubahan lirik dan tetap dengan lirik bahasa Indonesia.

2. Sephia

Melalui album “Kisah Klasik Masa Depan” dengan single andalan berjudul “Sephia”, kepopuleran Sheila On 7 semakin meroket. Kepopuleran lagu “Sephia” ini bahkan terdengar hingga negars Taiwan, sehingga akhirnya menarik musisi Taiwan bernama Qi Pin untuk mengcover ulang lagu tersebut menjadiSophia dan dinyanyikan dengan lirik Mandarin.

3. Sempurna

Lagu yang dinyanyikan oleh band Andra and the Backbone dan juga Gita Gutawa ini ternyara juga mampu menarik perhatian dunia. Terbukti kalau lagu dengan nada yang sederhana ini memikat Nicholas Teo untuk menyanyikan ulang dengan judul yang tidak diubah. Uniknya lagi, kata ‘sempurna’ yang dinyanyikan ulang oleh Nicholas Teo itu tetap sama dan tidak diubah dalam bahasa Mandarin. Hanya saja, lirik lainnya tetap menggunakan bahasa Mandarin.

4. Teman Tapi Mesra

Lagu ini dipopulerkan oleh duo Ratu, yang saat itu masih beranggotakan Maia Estianty dan Mulan Jameela. Lagu ini cukup terkenal di luar negeri, hingga akhirnya lagu ini pun dinyanyikan ulang oleh Ladylake yang merupakan penyanyi asal Swedia dengan judul “Dreaming of The Time.”

5. Cari Jodoh

Grup band Wali sangat beruntung karena lagu ini dicover ulang oleh penyanyi asal Malta, Eropa, Fabrizio Faniello. Lagu “Cari Jodoh” ternyata digemari di Eropa, hingga menempati urutan tangga lagu teratas setelah diaransemen ulang dan dirombak ke dalam bahasa Inggris. (tom)


Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.