5 Band Metal Paling Berpengaruh di Indonesia

Aliran musik metal sudah ada sejak band Metallica berjaya. Namun band-band metal di Indonesia masih kurang terkenal di dalam negeri sendiri, kurang terekspos dan bisa dibilang band-band underground, tidak seperti di negara Britania Raya atau Amerika Serikat yang masyarakatnya sangat familiar dengan nama-nama band metal asal negara tersebut. Dilansir dari blog Madmartavia, Sabtu (10/1/2015), berikut adalah 5 band metal paling berpengaruh di Indonesia.

1. Power Metal

Logo Power Metal
Logo Power Metal

Power Metal adalah band beraliran Heavy metal yang berasal dari Indonesia, Power Metal pertama kali dibentuk 1987 dengan nama Power Band dengan formasi awal Totty M. (vokal), Ipunk (gitar), Pras Hadi (bass), Raymond (keyboard), dan Mugix (drum). Namun formasi tersebut berubah dengan digantikannya posisi vokal oleh Pungky Deaz dan bass oleh Hendix Sanada dan selain itu nama bandnya pun berubah menjadi Power Metal.

2. Burgerkill

Logo Burgerkill
Logo Burgerkill

Burgerkill adalah sebuah band metalcore yang berasal dari kota Bandung, Jawa Barat. Nama band ini diambil dari sebuah nama restaurant makanan siap saji asal Amerika, yaitu Burger King, yang kemudian oleh mereka diubah menjadi Burgerkill. Burgerkill berdiri pada bulan Mei 1995 berawal dari Eben, scenester dari Jakarta yang pindah ke Bandung untuk melanjutkan sekolahnya. Dari sekolah itulah Eben bertemu dengan Ivan, Kimung, dan Dadan sebagai line-up pertamanya.

3. Rotor

Logo Rotor
Logo Rotor

Rotor adalah sebuah grup musik thrash metal asal Jakarta. Dibentuk pada tahun 1991, dan digawangi oleh Irvan Sembiring. Band ini makin meroket namanya setelah sukses menjadi supporting act konser Metallica selama dua hari berturut-turut di stadion Lebak Bulus, Jakarta pada tahun 1993.

4. Siksakubur

Logo Siksakubur
Logo Siksakubur

Siksakubur adalah grup musik brutal death metal dari Indonesia. Mereka adalah salah satu band metal paling terkenal di Indonesia. Grup musik ini berdiri pada tanggal 6 Juli 1996.

5. Purgatory

Logo Purgatory
Logo Purgatory

Purgatory adalah sebuah grup musik death metal asal Jakarta, grup musik ini dibentuk pada tahun 1994 oleh Lutfi sang gitaris bersama dengan adik kandungnya yaitu Al yang memainkan drum. Lirik yang dibawakan oleh Purgatory adalah berkisar tentang ajaran agama Islam, perang Uhud, kematian, dan lain-lain. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 Gitaris Terbaik Indonesia

5 Film yang Hanya Bersetting di Satu Tempat