Mengenal Jenis Musik Metal


Begitu banyak hal yang bisa dibicarakan mengenai musik metal, diantaranya musik metal itu salah satu musik yang bisa menghipnotis pendengarnya dengan ketukan drum atau beat yang membuat seseorang menganggukan kepala, musik metal juga membuat seseorang merubah penampilannya dari segi berpakaian dan penampilan rambut dalam keseharian. Ternyata musik metal sendiri terdiri dari beberapa jenis. Apa saja jenisnya? Berikut beberapa jenis musik metal, dikutip JadiBerita dari berbagai sumber.

1. Thrash Metal

Thrash metal (kadang-kadang disingkat menjadi thrash), adalah sebuah extreme metal subgenre dari heavy metal yang berciri memiliki tempo yang cepat dan agresif. Lagu-lagu thrash metal biasanya menggunakan stem gitar nada rendah dan perkusi yang cepat. Lirik-lirik thrash metal sering mengangkat tema masalah-masalah sosial menggunakan bahasa yang kasar dan mendalam, sebuah pendekatan yang sebagian mirip dengan genre hardcore. Band “Empat Besar” atau “Big Four” thrash metal adalah Anthrax, Megadeth, Metallica, dan Slayer, yang secara bersama-sama dan mempopulerkan genre ini diawal tahun 1980-an.

2. Heavy Metal

Nama heavy metal digagas oleh band hard rock tahun 60-an bernama Steppenwolf, dalam lagu mereka yang berjudul “Born To Be Wild”. Tapi istilah itu belum dipakai secara tepat sampai pada tahun 1970, ketika Black Sabbath merilis album debut album mereka yang berjudul “Black Sabbath”. Dengan akar dari Blues Rock dan Psycedelic Rock, band yang menciptakan heavy metal mengembangkan suara yang kencang, menggelegar, ditandai dengan distorsi gitar yang sangat kuat, solo gitar panjang, ketukan cepat, baik disemua instrumentasi alat musiknya. Lirik heavy metal berkaitan dengan maskulinitas dan kejantanan. Band heavy metal pertama dalam sejarah adalah Led Zeppelin, Black Sabbath, dan Deep Purple.

3. Death Metal

Death Metal berasal dari beberapa bagian dan elemen dari Thrash Metal. Pertumbuhan genre ini menginspirasi masyarakat pada pertengahan 1980-an. Celtic Frost, Slayer, dan Kreator adalah band-band yang memulai Death Metal. Pada akhir tahun 1980-an dan awal 1990-an band-band ini mulai mencuat ke permukaan dari komunitas Underground. Band-band seperti Morbid Angel dan Possessed adalah yang paling populer. Death Metal terstrukturisasi dari geraman vokal yang dalam, double bass drum, dengan dua pemain gitar dan satu pemain bass. Musik mereka memiliki banyak variasi harmoni dengan bass dan distorsi yang tebal serta tempo cepat.

4. Black Metal

Aliran ini muncul sekitar awal dan pertengahan tahun 1980-an, yang diprakarsai oleh band-band cadas seperti Venom, Hellhammer, dan Bathory. Pada akhir 1980-an band Mayhem dan Burzum mengarah ke dalam Black Metal gelombang kedua. Istilah black metal sendiri tercetus dari sebuah band asal Newcastle, Inggris, Venom, dan mereka lah yang memproklamirkan sebagai band black metal pertama. Kata black metal sendiri diambil dari judul album “Venom” pada tahun 1982 untuk menegaskan bahwa musik mereka lebih gelap dan suram dari thrash metal.

5. Power Metal

Power metal adalah subgenre dari Heavy metal yang menggabungkan karakteristik dari Heavy metal dengan Heavy metal tradisional, dengan menambah konteks simfoni. Umumnya, power metal ditandai dengan suara yang lebih menggembirakan, memperbanyak melodi gitar, berbeda dengan heavy metal dan genre metal yang lain seperti doom metal dan death metal. Tetapi genre ini mengacu pada dua gaya yang berbeda, yang pertama sebagian besar dipraktekkan di Amerika utara dengan beat yang cepat dari heavy metal, kedua lebih luas dan populer di Eropa (terutama Jerman, Finlandia, Italia, Skandinavia), dengan musik lebih merdu, dan sering menggunakan keyboard. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
41
Love
OMG OMG
31
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
52
Keren Nih
Ngakak Ngakak
83
Ngakak