Don't be Captious

spot_img

Efek Buruk Kebiasaan Gigit Kuku

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Kuku adalah bagian tubuh yang tak kalah penting dari anggota tubuh lainnya. Selain itu kuku juga dapat mempercantik penampilan, tak jarang banyak wanita yang sangat memperhatikan kesehatan kukunya.

Tapi tak jarang ada yang tidak peduli dengan kesehatan kuku, bahkan sering sekali orang yang tanpa sadar menggigit kuku hingga menjadi sebuah kebiasaan. Tak hanya anak-anak saja tapi kebiasaan ini menular hingga ke orang dewasa. Padahal banyak efek buruk dari kebiasaan gigit kuku ini. Dikutip dari Boldsky (Selasa, 27/1/2015), berikut ini efek negatif kebiasaan menggigit kuku.

1. Lecet

Menggigit kuku secara terus menerus tanpa henti membuat penampilan kuku jadi tidak menarik dan tidak sedap dipandang. Lama-kelamaan jari-jemari Anda akan lecet dan kemerahan bahkan sampai mengeluarkan darah. Hentikan segera kebiasaan ini karena resikonya akan sangat buruk. Coba alihkan pikiran dan keinginan Anda dari kebiasaan ini.

2. Kulit Tak Sehat

Kulit yang ada di sekitar kuku tentunya jadi tak sehat jika sering terkena dampak gigitan. Kuman dan bakteri mudah masuk ke lapisan kulit Anda. Kuku akan terpotong tak rata karena digigit memakai gigi. Hal ini bisa menyebabkan kulit jadi luka karena kuku yang terpotong bisa menggoreskan kulit yang tipis tersebut.

3. Pencernaan Terganggu

Kuku adalah tempat yang terdapat banyak kuman. Jika Anda menggigitnya, kuman tersebut dapat masuk juga melalui mulut ke pencernaan Anda. Beberapa penyakit pun akan timbul seperti sakit perut dan cacingan, jadi segeralah hentikan kebiasaan menggigit kuku Anda.

4. Sakit Gigi

Gigi yang digunakan untuk menggigit kuku Anda juga akan terpengaruh. Gigi akan jadi mudah ngilu, karena lapisan terluarnya terkikis pada saat melakukan kebiasaan tersebut. Jadi segera hentkan kebiasaan tersebut sebelum Anda mengalami berbagai penyakit lainnya.(dea)

Latest article