Keindahan Tak Ternilai Pantai Pok Tunggal dan Pohon Duras-nya


via pasirpantaicom

Pantai Pok Tunggal berada dipingiran Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 80 KM atau 2 jam waktu tempuh dari daerah Jogja. Jelajah pantai kali ini terasa lebih menantang karena jalan setapak mendekati pantai ini amat terjal. Pada bagian awalnya memang harus melewati jalanan yang sulit, namun akan berujung pada surga yang meluluhkan hati. Pandangan pertama setiap pengunjung terletak pada pohon Duras yang ikonik serta indah jika diabadikan dengan kamera. Awal mulanya dalam hati kami â??ah, seindah apa pantai dengan jalanan berbatu ini?â?. Sejauh 2 kilometer Tim jadiBerita dituntun menyusuri jalan berbatu di antara bukit karang. Disinilah adrenalin terasa sedang diuji saat mengendarai kendaraan ditikungan yang sempit dengan karang besar ditepi jalannya.

Selepas menyusuri terjalnya jalan yang menguji nyali, kini mata terpana memandang eloknya keindahan pantai Pok Tunggal. Sepanjang mata memandang berisikan hamparan pasir putih bersama deburan ombak kebiruan yang seakan menjadi obat melepas lelah selama perjalanan panjang. Seonggok pohon Duras terlihat tumbuh dengan gagahnya meski tanah pantai lebih banyak dipenuhi pasir dibandingkan tanah subur. Pohon dibibir pantai ini telah menjadi ikonnya Pantai Pok Tunggal, konon katanya sulit untuk tumbuh subur ini amat dirawat oleh warga sekitar. Nah oleh karena itu saat ini dipinggiran pohon diberi pagar dan peringatan dilarang memanjatnya.

Tetapi pesona alam yang sebenarnya di Pok Tunggal ini ada di sisi barisan tebing karang yang berdiri bagai benteng yang menyimpan surga. Barisan tebing yang berdiri setinggi 50 meteran ini cukup potensial jika dikembangkan untuk olahraga panjat tebing seperti dipantai tetangga, Siung.

Tentu saja dibutuhkan nyali besar untuk menaklukkan tebing ini karena sampai detik ini belum ada jalur pemanjatannya. Tak hanya itu saja, dibalik gagahnya tebing ternyata ada primata liar yang menghuninya. Tampak gerombolan monyet liar berlalu lalang dari balik tebing.

Untuk menikmati pesona pantai dari sisi atas, cobalah untuk naik keatas tebing melewati tangga yang sudah dibuat oleh warga, terdapat dua tebing dibagian barat dan timur pantai. Tim jadiBerita memilih kearah tebing bagian timur yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan sisi barat. Jalanan menuju puncak dipandu dengan tangga dan jembatan yang terbuat dari susunan bambu serta kayu, cukup menggetarkan nyali saat berada diatas jembatan ini karena hanya dibuat dari bambu saja.

Dipuncak kamu dapat melihat indahnya ombak yang menggapai daratan seolah tak ingin berpisah. Pantai Pok Tunggal mulai bisa diakses oleh wisatawan luar sejak tahun 2012 silam. Lokasi ini sangat berpotensi untuk dijadikan objek wisata karena hamparan pasir putih yang landai bisa dimanfaatkan untuk bermain volley pantai,menikmati indahnya sunset, atau camping bersama teman-teman. Dari pengelola pantai sendiri sengaja tidak mendirikan bangunan yang sifatnya untuk bermalam dengan tujuan supaya wisatawan menginap dengan menggunakan tenda sehingga lebih menyatu dengan alam. Kalau kamu berniat untuk menyewa tenda dome harganya cukup terjangkau, dikisaran Rp 60.000 saja. Sedangkan untuk sewa payung pantai yang ada pada siang hari saat cuaca terik ini hanya merogoh kocek sebanyak Rp 20.000.

Berkunjung di Pantai Pok Tunggal tidak sempurna rasanya jika tak meluangkan waktu hingga matahari kembali pulang dibalik cakrawala. Namun sebaiknya anda datang dengan melihat cuaca terlebih dahulu, karena pada musim penghujan matahari tertutupi dengan awan mendung. Selain itu, bila kamu memilih untuk pulang hingga malam maka dibutuhkan tenaga ekstra untuk lebih hati-hati. Mengingat jalanan sempit dan terjal yang menantang adrenalin karena saat ini belum didirikan lampu penerang jalan sama sekali. Namun saat ini sedang berlangsung proyek pembangunan jalan aspal hingga mendekati bibir pantai, pekerjaan ini diperkirakan selesai pada bulan april mendatang.

Lalu fasilitas apa saja yang ada di Pantai Pok Tunggal ini? tentunya parkiran, kamar mandi dan toilet umum yang disewakan oleh warga sekitar, Musholla, Payung Pantai, Tenda Dome dan Warung kecil. Pantai ini sangat cocok untuk kamu yang hobi camping dan jelajah pantai, karena fasilitas yang diberikan sudah cukup mumpuni.

Tips dari kami untuk kamu yang ingin mampir ke Pantai Pok Tunggal:

  1. Siapkan kendaraan dengan performa bagus, cek terlebih dahulu rem, oli, dan bensinnya
  2. Jika kamu datang beramai-ramai ada baiknya melakukan absen agar tidak ada teman yang tertinggal
  3. Membuat jadwal kegiatan mulai jam berangkat sampai waktu untuk kembali pulang
  4. Cek kelengkapan berkendara kamu ya, karena polisi di Gunung Kidul ini terkenal sering melakukan operasi tilang
  5. Kondisikan setiap teman-teman untuk saling mengawasi agar tidak ada salah satu rekan yang tertinggal selama perjalanan

Selamat menikmati akhir pekan.

credit photo cover: pasirputihcom


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak