Pantai Ngeden, Satu Lagi Pantai Tersembunyi di Jogja


Pantai Ngeden

Semakin banyak pantai yang dikenal oleh masyarakat, maka semakin ramai pula pengunjungnya. Nah buat beberapa orang yang berjiwa petualang, tentu ingin menikmati indahnya alam ciptaan Tuhan dengan suasana tenang. Di Padukuhan Bedalo, Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul ada sebuah pantai bernama Ngeden. Pantai dengan pasir putihnya ini biasa disebut Ngedan atau Ngeden agar mudah diingat. Lokasi ini terbilang cukup sepi karena masih tahap pembangunan, bahkan jalanan menuju TKP saja masih bebatuan yang membuat pengendara bermotor seolah menaiki kuda. Nah yang biasa mabuk hati â?? hati juga loh ya, sedia plastik sendiri hahaa, soalnya disini gak ada swalayan.

Jalurnya kalo dari jogja harus kemana sih? Ini pasti pertanyaan paling utama dari aden dan enon.

Dari jogja menuju imogiri, lanjut sampai Panggang menuju Giriwungu. Ketemu perempatan legundi girimulyo pilih jalur ke kiri menuju Saptosari, melewati MTS YAPPI Jetis, bertemu pertigaan selepas Masjid Nurul Huda ambil jalur ke kanan. Lapangan ngloro masih lurus sampai pertigaan ke kanan, lalu pertigaan ngejaman ngondel ke kiri ikuti jalan sampai bertemu papan petunjuk menuju Pantai Ngeden. Kamu bingung? Coba turun dan tanyalah pada penduduk arah jalan yang benar. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan hanya satu jam saja.

Kesan pertama menapakkan kaki di Pantai Ngeden, takjub dan bahagia banget. Selain tidak ada retribusi untuk memasuki pantai ini, hanya membayar biaya parkir 2000 rupiah saja, pantainya masih asri banget. Berasa punya pantai pribadi disini, meskipun berkunjung saat siang bolong, tapi pengunjungnya masih bisa dihitung jari. Walau tidak jauh berbeda dengan pantai Gunung Kidul lainnya yang berpasir putih, namun disini masih sangat alami. Bebas dari sampah yang berserakan, ada beberapa gazebo beratap warna biru, jajaran warga yang berjualan berhias senyuman ramahnya menjadi keistimewaan Pantai Ngeden.

Menikmati indahnya pasir pantai dan deburan ombak menjadi tradisi bagi para pengunjung pantai. Masih banyak hewan laut yang hidup disini, seperti ikan â?? ikan kecil, bulu babi, bintang laut, dan tanaman khas pantai yang entah apa namanya. Setelah puas bermain dengan air, kami lanjutkan melihat sisi lain Pantai Ngeden. Ada sebuah jalan setapak menuju puncak pantai, pemandangan disini tidak kalah indahnya. Melewati beberapa anak tangga, dengan menempuh perjalanan sepanjang 450 meter maka kita sudah sampai di atas Pantai. Jangan khawatir saat cuaca panas, beberapa pedagang sudah siap dengan minuman dinginnya.

Informasi membahagiakan untuk pemancing, ternyata Pantai Ngeden ini adalah spot memancing primadona juga loh. Dikarenakan banyaknya terumbu karang, maka bisa dipastikan jika ikan kerapu serta lobser bersarang didalamnya. Beberapa warga juga mencari ikan untuk menu makan dirumahnya. Lalu, dari atas bukit kita bebas menikmati seluruh titik pantai dan sekitarnya, lokasi ini juga cocok untuk kalian yang suka berburu pesona sunset. Sedangkan disebelah barat jalan setapak terlihat seperti mini pantai yang dipenuhi batuan karang. Penasaran kan? Cek foto â?? fotonya ya gaes. (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak