Kiat Sahur untuk Kamu yang Sering Traveling


Bagi kamu umat muslim yang suka bepergian alias traveling, tentunya kamu tetap ingin bertraveling meski sedang berpuasa. Perkara buka puasa adalah perkara yang mudah, tapi bagaimana dengan sahurnya? Tentunya kamu akan menemukan sedikit kesulitan untuk sahur saat sedang traveling. Ditambah, jika kamu harus sahur di negeri orang. Oleh karena itu, segala sesuatunya harus kamu persiapkan dengan baik. Nah, berikut ada beberapa kiat sahur untuk kamu yang sedang traveling, yaitu:

1. Jadwal Waktu Puasa

Perhatikan waktu setempat, kapan waktu sahur, berbuka, dan sholat. Caranya cukup cari di laman internet, biasanya tersedia banyak informasi. Bisa juga dengan mencari tahu terlebih dahulu masjid terdekat dari tempat menginap dan kontak pengurus masjid tersebut. Beda daerah, biasanya beda pula waktu untuk sahur dan pukul berapa imsaknya. Maka, penting sekali untuk mendari informasi akurat tentang waktu sahur dan imsak di tempat yang kamu tuju. Hal ini bisa mencegah kamu terlambat menikmati santapan sahur.

2. Cari informasi tempat makan yang buka 24 jam

Sebelum berangkat, cari tahu dulu apakah ada tempat makan yang buka selama 24 jam, di tempat yang akan kamu kunjungi. Jika sudah mengetahui tempatnya, kamu tidak perlu kerepotan dan kehabisan waktu sahur untuk mencari restoran ketika dini hari. Cari tahu juga apakah tempat makan itu selalu penuh untuk sahur sejak pukul berapa. Sehingga kamu bisa mengira-ngira jam berapa akan di tempat tersebut agar tidak kehabisan kursi.

3. Bawa bekal makanan untuk jaga-jaga

Bekal makanan serta alat makan seperti sendok penting untuk dibawa. Seandainya kamu tidak menemukan tempat makan yang buka 24 jam atau kamu sudah mencari informasi tempat makan, tapi lokasi tersebut sulit dijangkau sebelum waktu imsak tiba, bekal makanan yang kamu bawa ini akan sangat berguna untuk santapan sahur. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sebaiknya dikonsumsi dalam porsi yang cukup ketika sahur. Sebabnya, karbohidrat kompleks tidak mudah dicerna tubuh dan dapat menimbulkan rasa lebih lama. Contoh makanannya antara lain beras merah, jeruk, kol, lobak, kacang merah dan lain sebagainya. Dengan rasa kenyang yang lebih lama, traveling pun jadi lebih nyaman. Jangan lupa untuk menyiapkan air putih yang cukup. Air putih sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Karena rasanya tidak enak jika minum air sekali banyak saat sahur, minumlah air putih sedikit demi sedikit sejak sebelum menjelang sahur.

Mudah bukan? Kamu bisa santap sahur dengan nyaman dan berpuasa dengan tenang saat pergi travelling. (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak