Planet Venus & Jupiter Hiasi Langit Indonesia Saat Lebaran


Pemandangan Indah di Langit (okezone)

Perayaan Idul Fitri tahun ini dipastikan akan berbeda dari sebelumnya. Jika biasanya lebaran kerap menampilkan kembang api yang bertebaran di langit, namun kali ini akan dihadirkan sesuatu yang bisa membuat kita semua kagum.

Sesuatu itu adalah dua planet yang sangat indah yakni Venus dan Jupiter. Venus dan Jupiter diprediksi akan menghiasi langit Indonesia pada saat lebaran. Hal ini diungkapkan oleh Thomas Djamaluddin selaku Kepala Lembaga Penerbangan dan Antarika Nasional (Lapan).

Masyarakat Indonesia bisa melihat kedua planet itu pada 16 Juli mendatang. Tak perlu teleskop, Venus dan Jupiter bisa dilihat dengan mata telanjang. “Bila hilalnya tampak jelas, maka tanggal 16 Juli nanti masyarakat dapat melihat Venus dan Jupiter dengan mata telanjang di ufuk barat,” ungkap Thomas.

Apabila kamu penasaran ingin melihat Venus dan Jupiter, maka kamu harus sabar menunggu dari sore hari tepatnya sesudah waktu Maghrib sampai malam hari sekitar pukul 19.30 WIB.

“Masyarakat Indonesia dapat menikmati pemandangan itu sesudah Maghrib hingga beres terbenam Matahari pukul 19.30 WIB. Untuk melihatnya harus dalam kondisi ufuknya terbuka, cuaca cerah dan polusi cahaya minim. Itu tiga syarat untuk melihat benda langit.” ujar Thomas

Sebelumnya, pada tanggal 1 Juli 2015, Thomas sempat menulis di halaman Facebook miliknya Thomas Djamaluddin bahwa masyarakat Indonesia sudah bisa melihat Venus dan Jupiter di langit usai waktu Maghrib.

Planet Venus (www.the8planets.com)
Planet Venus (www.the8planets.com)

“Pulang dari masjid seusai shalat maghrib melihat langit indah sekali. Di Barat Bintang Kejora (Planet Venus) yang cemerlang didampingi Planet Jupiter. Di Timur Purnama tampak kemerahan. Bila belum sempat melihat, segera keluar sebelum Venus-Jupiter terbenam sekitar satu jam lagi. Bila luput, besok bisa dilihat lagi, tetapi Venus sudah agak menjauhi Jupiter.,” tulisnya seperti dikutip JadiBerita pada (10/7/2015) dari laman Facebook Thomas Djamaluddin

Planet Jupiter (solarsystem.nasa.gov)
Planet Jupiter (solarsystem.nasa.gov)

Ternyata fenomena itu memang benar terjadi, terbukti sejumlah netizen berkomentar bahwa mereka melihat pemandangan indah planet Venus dan Jupiter di langit.

“Di bogor semuanya terlihat, indah sekali,” tulis pemilik akun Retno Wulandari

“Di matraman terlihat, Prof.. senang lht 2 planet itu berdekatan,” tulis pemilik akun Zaima Mufaniri

Di Padang juga jelas sekali pak…indah…,” tulis pemilik akun Minarni Zubir

“Kutulis ini sambil lihat jupiter n venus berrampingan …subhaanallooh,” kicau pemilik akun Ko Mardien

Wah, rasanya jadi tidak sabar ya untuk melihat planet Venus dan Jupiter hiasi langit Indonesia saat lebaran. Pasti sangat indah ya.

(nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak