Menyapa Keindahan Waduk Sermo Kulon Progo


Penjelajah Jogja @ariwyo di sampan Waduk Sermo
Penjelajah Jogja @ariwyo di sampan Waduk Sermo
Penjelajah Jogja Arie Widayanto di sampan Waduk Sermo

Potensi pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta memang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Mulai dari kawasan Malioboro, Candi peninggalan kerajaan, Keraton, jajaran Pantai Selatan yang menawan tentu sudah akrab di telingamu kan? Potensi wisatanya yang hampir sempurna karena memiliki kawasan belanja, wisata edukasi dan budaya, hingga panorama lautnya, tak heran bila Yogyakarta ini menjadi destinasi favorit para turis yang berkunjung disetiap tahunnya. Padahal bila digali lebih lanjut, sebenarnya masih sangat banyak potensi wisata di Yogyakarta dan sekitarnya yang begitu menarik untuk diexplore karena belum banyak orang mengetahui. Nah salah satu destinasi liburan yang antimainstream di Jogja yaitu Waduk Sermo.

Panorama wisata Waduk Sermo
Panorama wisata Waduk Sermo

Nah kalau kamu berada di wilayah Kulonprogo, maka Waduk Sermo layak untuk jadi bagian perjalanan wisatamu gaes. Satu alasan kuat yang mewajibkan aden dan enon untuk mampir kemari, karena Sermo merupakan satu-satunya waduk yang dimiliki oleh Yogyakarta untuk saat ini. Lokasi ini cukup menjanjikan untuk mendapatkan spot foto unik dan keren. Waduk yang berada di tengah â?? tengah bentang perbukitan menoreh ini memberikan panorama yang gak kalah eksotisnya dengan Pantai Selatan.

Kemarau di Waduk Sermo
Kemarau di Waduk Sermo

Transportasi

Waduk Sermo terletak di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap Kulonprogo, Yogyakarta. Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun mobil agar lebih leluasa dan tidak terikat waktu. Mengingat bahwa jumlah angkutan umum dari RSUD Wates yang mengarah ke sini tidaklah banyak dan jam operasional kendaraan umum juga terbatas.

Perjalanan menuju Waduk Sermo
Perjalanan menuju Waduk Sermo

Akses menuju lokasi ini bisa melalui dua rute, yang pertama yaitu jalur Pengasih dan satunya melalui Wates. Beberapa papan pengarah siap untuk membimbing perjalanan aden dan enon ke Waduk Sermo. Kedua rute tersebut menawarkan jalur yang berbelok â?? belok dan naik turun perbukitan, namun walaupun begitu pemandangan hutan di kanan kirinya menepis rasa bosan selama diperjalanan kok, jadi tenang aja hehe.

Keindahan Waduk Sermo dari Kali Biru
Keindahan Waduk Sermo dari Kali Biru

Tiket Masuk dan Fasilitas

Untuk menikmati lokasi perairan yang tenang ini pengunjung dikenakan retribusi di Pos TPR dengan biaya :

  1. Mobil sebesar Rp 3000,-
  2. Sepeda Motor sebesar Rp 2000,-
  3. Bus dan Truk sebesar Rp 5000,-

Tapi kalau aden dan enon berkunjung saar hari menjelang sore maka kawasan ini menjadi wisata bebas biaya karena tidak ada petugas yang memungut.

Loket menaiki perahu keliling Waduk Sermo
Loket menaiki perahu keliling Waduk Sermo

Fasilitas apa aja sih yang ditawarkan disini? Tentu ini salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan sebelum berkunjung kesuatu lokasi wisata. Nah jika tertarik untuk mengetahui data sekaligus informasi sejarah tentang Waduk Sermo maka datangi saja kantor pengelola yang letaknya di sisi timur waduk dengan bangunan berwarna putih gagah. Tim SAR pun selalu siaga jikalau ada pengunjung yang mengalami kecelakaan di kawasan Waduk Sermo. Beberapa spot foto menarik bisa didapatkan disini gaes, salah satunya di Pengaliran Waduk Sermo.

Penjelajah Jogja @ariwyo di pengaliran Waduk Sermo
Penjelajah Jogja Arie Widayanto di pengaliran Waduk Sermo

Berkunjung disini juga gak bakalan lengkap kalau belum menyewa perahu â?? perahunya gaes. Biayanya cukup murah yaitu 8 ribu rupiah perorang, perahu ini bisa digunakan untuk mengelilingi waduk dengan jarak tempuh sekitar 10 menit. Setelah lelah mengelilingi Waduk dengan luas genangan air 157 Ha ini dipinggiran jalan Waduk banyak penjual makanan dan minuman yang siap melepas dahaga para pengunjung.

Menikmati tenangnya perairan Waduk Sermo
Menikmati tenangnya perairan Waduk Sermo

Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak