Kerja Alternatif, Kerja Freelance


Bagi manusia dewasa bekerja merupakan keharusan guna mencari sumber finansial bagi diri sendiri maupun keluarganya. Bekerja merupakan bentuk perjuangan membentuk kemapanan ( sejahtera ) hidup untuk diri sendiri maupun orang lain sekaligus perlawanan menyingkirkan dari kemiskinan.

Pemikiraan masyarakat Indonesia, menganggap bahwa seseorang yang bekerja dikantor lebih terpandang dari pada pekerja lainnya. Apalagi jadi Pegawai Negeri Sipil martabat keluarga akan meningkat.

Sedari masak anak-anak di sekolah dasar kita sudah diindoktrin bahwa kalau ingin mapan harus bekerja, dan sedari sekarang siapkan cita-citamu setinggi mungkin. Jargon itu tentu masih terngiang-ngiang dimemori kita bukan? Setelah lulus SMA kita berjuang masuk ke perguruan tinggi favorit. Belajar super keras agar lolos seleksi ujian masuk ke perguruan tinggi demi merealisasikan cita-citanya.  Sungguh proses melelahkan demi angan-angan yang sempit, hanya ingin jadi pekerja kantoran dan mendapatkan statement persis kehendak orang tuanya.

Freelance job, merupakan tawaran alternatif bagi Anda yang tak ingin dibelenggu rutinitas yang menuntut tiap hari harus pulang pergi ke tempat kerja / kantor. Bekerja freelance merupakan solusi mencari uang dengan bekerja dirumah. Menjadi pekerja freelance di kota besar sudah biasa,dan syarat yang harus dimiliki untuk menjadi freelance adalah skill ( kemampuan ) yang dimiliki dan bagaimana menjual skill tersebut kepada pihak yang memerlukan skill tersebut.

Memang salah satu kelemahan dari freelance adalah tidak mempunyai gaji tetap setiap bulan seperti pekerja kantoran.Freelance harus bekerja keras mencari order sendiri untuk memiliki gaji tetap sesuai keinginannya. Seberapa besar penghasilan tergantung seberapa besar usahanya dalam memasarkan kemampuannya.

Nah,ini dia keuntungan bekerja freelance yaitu bekerja tidak terikat tempat dan waktu. Seorang pekerja freelance dapat bekerja dari rumah, bekerja untuk beberapa perusahaan dan tidak harus 8 jam sehari bekerja sesuai peraturan pemerintah.Dan untuk freelance yang ulet bukan tidak mungkin gajinya lebih tinggi dibanding pekerja kantoran yang hanya dibolehkan bekerja disebuah perusahaan dan harus selalu mengikuti peraturan perusahaan. Selain itu penghasilan freelance juga ditentukan dengan jam terbang. Semakin dia meningkatkan skill dibidangnya, memiliki hubungan dan relasi yang luas dengan sendirinya pasar yang akan mencari dan memberikan penghasilan. Apa saja sih pekerjaan yang bisa dilakukan sebagai freelance ? Jawabannya banyak. Berikut beberapa contohnya :

1. Penulis

Jika memiliki kemampuan untuk menulis tidak ada salahnya untuk di tekuni sebagai penulis freelance. Masuknya kita dijaman informasi membuat kebutuhan penulis ini meningkat. Karena selain media cetak,buku fiksi & non fiksi,penulis skenario dan banyak media digital yang memerlukan jasa penulisan artikel untuk website mereka. Menulis tidak hanya soal bakat karena menulis bisa dilatih. Salah satu caranya dengan membaca tulisan orang lain dan mencoba menulis menurut gaya anda. Bukankah kita sudah belajar menulis dari SD??

 2. Tentor/ Guru / Pengajar

Profesi ini akan terus ada karena pendidikan dibutuhkan semua orang dari usia anak-anak hingga dewasa membutuhkan pendidikan. Setiap orang tua menginginkan anak-anaknya memperoleh pendidikan yang memadahi selain disekolah maka banyak orang tua mencari guru privat. Untuk menunjang pekerjaan seseorang diharuskan meningkatkan kemampuan diri termasuk komunikasi berbahasa asing.Jika kita memiliki kemamampuan tersebut sayang untuk melewatkan kesempatan untuk mengajarkan ilmu yang ada kepada orang lain

 3. Designer Grafis

Pekerjaan design ini meski membutuhkan kreatifitas tinggi namun sangat mengasyikkan apalagi kalau sudah menjadi hobi. Seperti desain arsitek, animasi & film, web design,designer media cetak, desain interior, desain busana. Freelance designer ini selain mendatangkan penghasilan juga aktualisasi diri sebagai karya. Siapa yang tidak mau karyanya diakui banyak orang?

 4. Progamer

Tenaga progamer sangat dibutuhkan dalam perusahaan. Untuk itu progamer harus paham tentang teknologi computer,system computer,utilitas dan bahasa-bahasa progam yang diperlukan

 5. Penyiar Radio/ Presenter Radio atau TV

Jika anda merasa memiliki kemampuan berkomunikasi baik.Pekerjaan ini sangat cocok dan menyenangkan karena dapat berhubungan langsung dengan pendengar atau pemirsa TV. Selalu memperluas wawasan dan pergaulan akan menambah nilai dari profesi ini. Untuk menjadi penyiar radio atau presenter TV sebelum test terlebih dahulu menyiapkan sikap mental yang tangguh.

 6. Event Organizer

Aset utama dari pekerjaan ini adalah kepercayaan konsumen. Kreativitas dan kerja keras adalah kunci suksesnya. Antusias konsumen untuk event organizer sangat tinggi seperti wedding organizer, pameran, company gathering, seminar, promosi product,talk show dll.

Mana yang anda minati ?  Selamat mencoba.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak