Aliran Ombak Misterius yang Belum Terkuak Ilmuwan


Jurassic Beach (boredpanda.com)

Siapa yang senang berlibur ke pantai dan bermain-main dengan ombak? Kamu pasti sudah tahu bahwa umumnya bibir pantai bekas sapuan ombak memiliki bentuk yang tak pasti, tergantung bagaimana gelombang ombak. Tetapi tidak dengan beberapa pantai di bawah ini.

Seperti pantai Jurrasic Coast dan Ringstead Bay di Dorset,Inggris serta Palomarin Beach, Point Reyes, Amerika Serikat yang disebut Cusps Beach atau Pantai Katup. Pantai-pantai ini memiliki bentuk dan pola yang unik namun rapih dan terus berulang menghiasi sepanjang bibir pantai.

Jurassic Beach (boredpanda.com)

Para ilmuwan juga masih belum memastikan apa yang menyebabkan fenomena ini terjadi. Cusps Beach atau Pantai katup telah menjadi subyek perdebatan dan penelitian selama 50 tahun terakhir. Banyak yang berpendapat, pantai ini terbentuk akibat anomali ombak yang terjadi di bawah permukaan laut. Terdapat juga dua teori yang mendasari terbentuknya pola pantai pantai ini, yakni teori Standing Egde dan Self-Organization.

Palomarin Beach (boredpanda.com)

Teori Standing Edge yang melibatkan interaksi atau hubungan antara gelombang normal yang mendekati pantai dengan “gelombang yang berdiri” yang berbentuk tegak lurus ke pantai.Interaksi yang terjadi antara kedua gelombang ini yang memungkinkan terbentuknya pola yang tetap.

Teori dari para ilmuwan (boredpanda.com)

Selanjutnya, teori Self-Organization yang mengklaim bahwa pola katup tersebut terbentuk dari hasil gelombang yang tetap,terus menerus yang menghantam pasir dari waktu ke waktu sehingga terbentuk pola seperti yang dapat kita lihat.

Dilansir dari Amusing Planet, aksi gelombang menyebabkan pembentukan pantai katup tersebut. Saat gelompang menerjang ke pesisir, kecepatannya melambat akibat sedimen di pantai, sehingga membentuk gerigi.

Ringstead Bay Beach (boredpanda.com)

Saat ombak menerjang, bentukan sedimen sebelumnya akan membelah ombak menjadi dua, sehingga ombak secara otomatis membentuk formasi gerigi.¬†Uniknya lagi, bentukan ombak tidak biasa tersebut juga sekaligus menjadi “saringan” bagi sedimen pantai. Dalam artian, sedimen kasar akan membentuk gundukan pasir berujung runcing yang berfungsi membelah ombak. Sementara itu, sedimen halus akan membentuk cerukan yang akan terisi oleh air laut.

(anb)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak