Berukuran Raksasa, Inilah Alat Musik Bersuara Paling Nyaring di Dunia


Mungkin kamu yang menggemari musik atau memang seorang musisi tahu dengan alat musik organ. Organ adalah alat musik yang mirip dengan piano, namun bedanya alat musik ini mampu menirukan bunyi-bunyian dari alat musik lainnya seperti cello, harpa hingga gitar. Namun bagaimana jika organ itu berukuran raksasa?

Organ seperti itulah yang berada di dalam Boardwalk Hall di Atlantic City, New Jersey, Amerika Serikat. Dilansir dari Amusing Planet, Selasa (15/12/2015), Boardwalk Hall merupakan tempat digelarnya semua acara besar dan penting, mulai dari event olahraga hingga konser musik yang menampilkan musisi legendaris sekelas The Beatles dan Madonna.

Organ ternyaring di dunia (Boardwalkhall)
Organ ternyaring di dunia (Boardwalkhall)

Bangunan yang menutupi area seluas 28.328 meter kubik ini juga dilengkapi dengan sistem listrik, radio, dapur, dan jaringan telepon. Saat bangunan masih dalam konstruksi, organ menjadi instrumen wajib untuk menghibur.

Pada masa-masa itu, teater standar hanya mampu menampung sampai 3.000 orang, sementara kapasitas tempat duduk Boardwalk Hall mencapai 42.000 kursi.

Hal ini yang membuat pemilik bangunan tersebut menggagas sebuah alat musik bervolume besar agar bisa terdengar ke seluruh ruang. Tugas ini diberikan kepada Midmer-Losh Inc. dari Merrick, Long Island, AS. Mereka pun berhasil menciptakan organ raksasa sebagai pemecah rekor dunia yang akhirnya tercatat dalam sejarah.

Organ terbesar di dunia (Analisadaily)
Organ terbesar di dunia (Analisadaily)

Selain ukurannya, organ ini juga diklaim sebagai organ bersuara paling nyaring di dunia. Alat musik yang terdiri dari 1.200 tuts ini dibuat dari 33 ribu pipa terbesar di dunia. Bahkan untuk menghasilkan suara yang lebih hebat, menggelegar, dan 6 kali lebih lantang dari peluit kereta paling nyaring, organ ini ditambahkan blower listrik yang memiliki 600 tenaga kuda.

Sayangnya, sejak badai Atlantic melanda pada tahun 1944, organ ini tak lagi berfungsi dengan baik, meski masih sering digunakan untuk pagelaran Miss America, kampanye politik hingga event olahraga.

Untuk videonya, bisa kamu lihat di bawah ini.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
71
Love
OMG OMG
61
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak