5 Makhluk Mitologi dari Indonesia


Istilah mitologi memang berasal dari Yunani, tapi bukan berarti kisah-kisahnya hanya ada di Yunani. Mitologi berasal dari kata mitos yang berarti legenda dan logos yang berarti penuturan. Maka mitologi bisa diartikan sebagai kisah-kisah legenda. Kebanyakan orang mungkin sudah sering mendengar makhluk mitologi Yunani seperti centaurus, cerberus, pegasus, dan sejenisnya. Ternyata, Indonesia juga memiliki beberapa makhluk mitologi. Berikut 5 makhluk mitologi dari Indonesia, seperti dilansir dari Boombastiscom, Rabu (16/12/2015).

1. Lembuswana

Lembuswana (Kitadankota)
Lembuswana (Kitadankota)

Lembuswana adalah makhluk mitologi yang dikenal oleh rakyat Kutai dan konon hidup di zaman Kerajaan Kutai. Makhluk ini dianggap suci karena merupakan tunggangan Batara Guru. Wujud dari makhluk ini adalah memiliki kepala singa yang memakai mahkota, memiliki belalai gajah, bersayap garuda, dan memiliki sisik ikan.

2. Naga Besukih

Ilustrasi Naga Besukih (Boombastis)
Ilustrasi Naga Besukih (Boombastis)

Naga Besukih adalah sebuah makhluk mitos yang dipercaya berasal dari Bali. Konon kabarnya makhluk ini tinggal di bawah kawah Gunung Agung. Kisah tentang Naga Besukih ini juga muncul dalam legenda terciptanya selat Bali. Naga Besukih diceritakan sangat sakti. Sisiknya bisa rontok dan berubah menjadi emas berlian.

3. Garuda

Dewa Wisnu menaiki garuda (Boombastis)
Dewa Wisnu menaiki garuda (Boombastis)

Garuda adalah salah satu dewa dalam kepercayaan Hindu dan Buddha dan merupakan wahana Dewa Wisnu. Garuda digambarkan memiliki tubuh emas, berwajah putih dan memiliki sayap berwarna merah. Ia memiliki paruh dan sayap mirip elang, namun tubuhnya seperti manusia dengan ukuran yang sangat besar. Selain Indonesia, Garuda juga merupakan makhluk mitologi Thailand, yang dikenal dengan nama Krut atau Pha Krut.

4. Ahool

Ilustrasi Ahool (5berita)
Ilustrasi Ahool (5berita)

Ahool adalah makhluk mitologi yang dikabarkan tinggal di pulau Jawa. Makhluk ini kabarnya adalah sejenis kelelawar raksasa, tapi juga ada yang mengatakan sebagai primata yang terbang. Kabarnya Ahool memiliki mata hitam yang besar, dan cakar-cakar yang juga begitu besar seukuran bayi, serta tubuh yang dipenuhi bulu berwarna abu-abu.

5. Ebu gogo

Ilustrasi Ebu Gogo (Chickgeek)
Ilustrasi Ebu Gogo (Chickgeek)

Ebu gogo adalah makhluk seperti manusia yang muncul di mitologi daerah Flores. Masyarakat Flores menyebutkan bahwa Ebu Gogo berjalan dengan dua kaki dan bisa berlari sangat cepat. Bentuknya menyerupai manusia dengan tinggi sekitar 1,5 meter saja. Diceritakan bahwa mereka memiliki hidung yang lebar dan pendek, wajah yang lebar dengan mulut besar dan tubuh berbulu. Mereka juga diceritakan memiliki bahasa sendiri. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak