Terobosan Baru Kolam Ikan di Himpitan Sawah Sleman


Ikan nila merah yang dipelihara di dalam sawah
Bentuk dukungan dari pemerintah
Bentuk dukungan dari pemerintah

Aden dan Enon Jbers tentu sudah pernah kan melihat sawah yang ditanami padi? Tapi ada sesuatu yang menarik dari hasil wawancara tim jadiBerita.com bersama seorang petani di kawasan Godean, Sleman, Yogyakarta. Apa sih yang menarik? Sawah di sini tidak hanya ditanami padi saja loh, tapi juga berfungsi sebagai kolam ikan! Wow. Pasti belum banyak dari kalian yang melihat sistem mina padi kan? Di mana sawah dengan tanaman padi sekaligus sebagai kolam ikan. Nah, simak wawancara saya bersama Pak Mulyanto kali ini ya.

Proses wawancara ditengah kesibukan Pak Mulyanto
Proses wawancara di tengah kesibukan Pak Mulyanto

Beberapa bulan yang lalu ada seorang pemuda yang memuji sistem mina padi di kawasan Sleman melalui jejaring sosialnya. Hingga tak disangka, ternyata apresiasi para pengguna sosial media sangatlah besar. Rataâ??rata partisipan memberikan respons yang baik mengenai sistem menanam padi sekaligus memelihara ikan di dalamnya. Namun banyak pertanyaan dari partisipan yang tak dapat dijawab satu per satu, maka dari itulah saya coba ulas lebih dalam bersama pakarnya.

Sistem Mina Padi Solusi Kehidupan Petani

Pasti belum banyak yang tahu kan mengenai sistem mina padi? Jadi mina padi itu adalah sistem bercocok tanam padi sekaligus memelihara ikan di dalamnya, sehingga hasil yang didapatkan oleh petani menjadi dua kali lipat. Hasil dari menanam padi pun berhasil, begitu pula hasil dari memelihara ikan pun dapat dijual di pasar. â??Menurut perkiraan saya, hasilnya menjadi dua kali lipat dibanding hanya menanam padi saja, mbak. Selain itu hama tikus menjadi berkurang, hasilnya lebih maksimalâ? tutur Pak Mulyanto kepada jadiBerita.com

Ikan nila merah yang dipelihara di dalam sawah
Ikan nila merah yang dipelihara di dalam sawah

Tentu aden dan enon JBers penasaran, kenapa hal ini bisa berjalan sempurna? Apakah padi tidak butuh pestisida? Dan bagaimana caranya ikan hidup bila terkena zat kimia seperti pestisida? Pak Mulyanto pun menjawab dengan tenang.

â??Sebenarnya padi tetap bisa hidup tanpa pestisida, kalaupun ingin menggunakan hal ini bisa diantisipasi dengan memberikan pupuk sebelum menebar benih ikan, toh kotoran dari ikan pun bisa dijadikan pupuk alami padi,” ungkap dia.

Tentunya dengan solusi ini maka tidak akan ada ikan yang mati terkena racun. Perawatan ikan pun mudah, karena hanya diberi makan ketika pagi dan sore hari saja. Sedangkan padi cukup diperhatikan perkembangannya, bila ada keong/kul maka bisa dibersihkan.

Ketika persawahan banyak ikannya? Banyak nggak sih malingnya? Begini jawaban dari sang pakar. â??Seluruh warga di sini sudah diedukasi sejak awal, dan seluruh sawah di sini juga menerapkan sistem mina padi maka untuk apa memaling ikan tetangga sendiri.”

Tinggi air sebaiknya 60 cm - 70 cm
Tinggi air sebaiknya 60 cm – 70 cm

Lalu bagaimana sih cara memanen padi ketika sudah menguning? Bukankah air harus disurutkan ketika padi siap panen? Apa kabar yaa nasib si ikan? Ternyata ada teknik tersendiri, yaitu di pojok petak sawah terdapat galian sedalam 1 meter, gunanya untuk menampung ikan ketika air disurutkan ketika akan memanen padi. Sedangkan tinggi air normal ketika ada ikannya yaitu mencapai 60 hingga 70 cm.

Tips Membuat Sistem Mina Padi

  1. Tanah yang gembur kemudian ditutup menggunakan mulsa, kemudian ditanami padi sesuai dengan jarak yang ditentukan.
  2. Jika ingin menggunakan pupuk maka sebar dahulu pupuknya, kemudian baru disebar benih ikan.
  3. Bila usia padi telah 15 hari maka benih ikan bisa di sebar.
  4. Tinggi air untuk ikan sekitar 60 sampai 70 cm saja.
  5. Setelah usianya 3 bulan maka bisa dipanen.
  6. Berikan lubang sedalam 1 meter di pojokkan sawah untuk memanen ikan, sehingga ketika air disurutkan seluruh ikan akan mengarah ke pojok dan siap dijaring
  7. Berikan jaring pada tepi sawah guna mencegah adanya hama
  8. Berikan jaring pada bagian atas sawah untuk mencegah adanya hama burung
  9. Beri makan ikan menggunakan pelet ketika pagi dan sore hari
  10. Bersihkan keong yang berada di sawah agar tidak mengganggu pertumbuhan padi, keong juga isa dimasak menjadi sate atau oseng.

DSC_1021

Peran Pemerintah Dalam Penerapan Sistem Mina Padi

Ternyata peran dari pemerintah sangatlah besar di sini, karena mulanya tak banyak petani yang mencoba sistem mina padi. Hal ini dikarenakan modal yang dibutuhkan tentu lebih besar dibanding hanya menanam padi saja. Hingga akhirnya program yang menurut para petinggi negara ini sangat solutif guna mengangkat derajat petani, diangkat sebagai bahan percobaan untuk mensejahterakan kehidupan petani. Demonstrasi mina padi ini di dukung oleh Food And Agriculture Organization dan The Directorate General Of Aquaculture.

Peran pemerintah mensejahterakan petani
Peran pemerintah mensejahterakan petani

Bantuan yang diberikan tak tanggungâ??tanggung nominalnya mencapai angka triliun rupiah. Setiap  satu hektar (1000 meter)  tanah diberikan bantuan berupa ikan sebanyak 32 kilogram beserta pakan peletnya 2 kwintal. Percobaan ini dilakukan selama 3 bulan sejak Oktober 2015 lalu, hingga akhir Desember ini.

â??Program ini baru berjalan tahun 2015 menggunakan benih ikan nila merah, harapannya bila berhasil maka tahun depan akan menggunakan ikan yang berbeda seperti gurame,â? tutur Pak Mulyanto.

Nah jika aden dan enon hendak ke mari maka kunjungi saja kawasan Godean, Sleman, Yogyakarta. Kebanyakan petani di sini sedang mencoba sistem mina padi hingga akhir tahun 2015. Solusi tepat memaksimalkan fungsi sawah dalam satu waktu. Namun sayang, untuk sawah daerah ketinggian yang menerapkan teraserin, sistem mina padi ini tidak dapat digunakan. Sawah disekitar rumah kalian seperti apa Guys kondisinya?

Pak Mulyanto sedang memungut keong
Pak Mulyanto sedang memungut keong

(rei)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak