5 Festival Makan Cabai Seru di Dunia yang Jadi Berita


Peperoncino Festival Chilli Eating Marathon (www.hatchchilefest.com)

JBers penyuka makanan pedas? Bagi sebagian orang, makanan pedas sangat mujarab untuk menambah nafsu makan dan bikin ketagihan. Ada sebuah julukan untuk para penggemar makanan pedas, yakni pyrogourmaniac. Pyro berarti api, dan gourmaniac adalah orang yang suka menyiksa dirinya sendiri lewat makanan.

Indonesia termasuk negara dengan kuliner yang banyak memiliki citarasa pedas. Orang Indonesia rasanya tidak akan bisa lepas dari yang namanya cabai. Bukan hanya Indonesia, beberapa negara di dunia pun ada yang terobesesi dengan pedasnya cabai hingga diadakan festival makan cabai. Berikut ada 5 festival makan cabai seru di dunia yang bisa bikin kamu tercengang. Ini dia festival-festivalnya!

1. Kontes Makan Cabai Clifton Chili Club

Kontes Makan Cabai Clifton Chili Club (www.youtube.com)
Kontes Makan Cabai Clifton Chili Club (www.youtube.com)

Kontes makan cabai yang digelar di Bath, Inggris ini terdiri dari 17 ronde tantangan. Para pesertanya diharuskan menyantap cabai terpedas dimulai dari tame jalapeno, kemudian scotch bonnet, naga king chili dan 7 pot habanero. Peserta yang berhasil menyelesaikan 17 ronde makan cabai ini akan masuk ke babak final dengan menyantap dua cabai pedas terpedas di dunia, yakni ghost peppers dan Carolina reaper.

2. Kontes Makan Cabai Naga King

Kontes Makan Cabai Naga King di India (eventravel.net)
Kontes Makan Cabai Naga King di India (eventravel.net)

Kontes ini berlangsung di Nagaland, India. Setiap tahunnya, warga lokal dan juga turis berpartisipasi dalam ajang tahunan ini. Naga king chili adalah salah satu cabai terpedas dengan tingkat kepedasan mencapai 1,5 juta Scoville Heat Units (SHU). Sedangkan jalapeno hanya 4000 SHU. Peserta punya waktu 20 detik untuk makan cabai ini sebanyak mungkin, mengunyah setidaknya tiga kali untuk melepaskan capsaicin (senyawa pedas dalam cabai).

3. The Curry Contest

The Curry Contest di Skotlandia (www.dailymail.co.uk)
The Curry Contest di Skotlandia (www.dailymail.co.uk)

Kontes makan pedas yang berbalut ajang amal ini berlangsung di Edinburgh, Skotlandia. Sebelum ikut acara ini, peserta harus menandatangani surat pernyataan terkait kontes pedas karena pada tahun 2011 ada peserta yang pingsan akibat kari super pedas. Pemenangnya pun hanya sanggup makan sembilan sendok saja.

4. Bhut Jolokia ‘Ghost Chili’ Challenge

Bhut Jolokia 'Ghost Chili' Challenge (www.youtube.com)
Bhut Jolokia ‘Ghost Chili’ Challenge (www.youtube.com)

Kompetisi ini berlangsung di resto Phuket Oldest Indian yang ada di Ban karon, Thailand. Pesertanya diharuskan makan kari yang berisi ghost chili. Ghost chili ini 1000 kali lebih pedas dibanding tetesan tabasco. Untuk memenangkan kontes ini, peserta harus menghabiskan kari tersebut serta tahan tiga menit tanpa air setelah selesai makan.

5. Peperoncino Festival Chilli Eating Marathon

Peperoncino Festival Chilli Eating Marathon (www.hatchchilefest.com)
Peperoncino Festival Chilli Eating Marathon (www.hatchchilefest.com)

Festival ini diadakan di Italia setiap tahunannya. Untuk bisa menang, peserta harus makan 50 piring penuh dari cabai lokal peperoncino. Mereka hanya boleh menyantapnya dengan menggunakan olive oil dan roti. Tidak seperti kontes makan cabai pada umumnya, kontes ini lebih menantang kemampuan kamu untuk menahan panas perut selama mungkin. Rekor tertinggi dicapai oleh Francesco Vecchio dengan menyantap 800 gram peperoncino. (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak