Desa Indonesia Ini Jadi Salah Satu Terbersih Sedunia


Tempat indah dan cantik di Indonesia yang sudah jadi tempat wisata biasanya akan berubah jadi kotor gara-gara pengunjung yang tidak bisa menjaga kebersihan. Tapi, berbeda dengan Desa Penglipuran yang ada di Bali.

Desa kecil ini menjadi tempat favorit para wisatawan karena tempatnya yang bersih, indah, dan kehidupan tradisional yang terjaga. Bahkan karena kebersihannya, desa ini dinobatkan sebagai salah satu desa paling bersih di dunia. Selain di Indonesia, desa di negara lain yang masuk ke dalam kategori desa paling bersih adalah Desa Giethoorn di Belanda dan Desa Mawlynnong di India.

Desa Penglipuran (Baliinspirasi)
Desa Penglipuran (Baliinspirasi)

Bersih, tanpa kendaraan, dan luar biasa indah. Tiga kata itu mungkin bisa mewakili keberadaan Desa Penglipuran, yang terletak di Kabupaten Bangli. Kata â??Penglipuranâ?? berasal dari â??Pengeling Puraâ?? yang artinya â??tempat suci untuk mengenang para leluhurâ??.

Di desa ini, rumah-rumah sejenis berderet di jalanan menanjak. Suasana hijau sangat terasa saat JBers berada di sini. Ini lantaran mobil dan motor tak boleh masuk ke dalam desa. Semua kendaraan memang diparkir dekat gapura, sehingga Penglipuran bebas dari asap knalpot.

Desa Penglipuran (Liburlibur)
Desa Penglipuran (Liburlibur)

Di desa ini JBers akan menemukan sekitar 200 rumah. Dan, kamu juga boleh masuk ke dalam rumah-rumah itu jika ingin melihat bagian dalamnya. Tiap rumah punya pintu masuk yang serupa, bernama â??angko-angkoâ?? yang terbuat dari tanah liat.

Di pinggir angko-angko terdapat papan berisi informasi nama pemilik rumah dan anggota keluarga. Angko-angko sengaja dibuat tak terlalu lebar, agar sepeda motor tak bisa masuk ke dalamnya. Selain angko-angko, tiap rumah di desa ini juga punya bale-bale dan pura mini.

Desa Penglipuran (Pegipegi)
Desa Penglipuran (Pegipegi)

Sebenarnya yang mendapatkan manfaat dari lingkungan yang bersih adalah diri kita sendiri. Namun kebanyakan orang sulit sekali menerapkan disiplin untuk menjaga kebersihan ini dan tidak mau repot membuang sampah di tempat yang sudah ditentukan. Padahal dengan lingkungan yang bersih, masyarakat juga bisa hidup dengan lebih sehat. Jadi, kenapa masih banyak alasan untuk tidak menjaga kebersihan? (tom/rei)

Desa Penglipuran (Tumblr.com)
Desa Penglipuran (Tumblr.com)

Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak