Ada Pesan Tersembunyi di Balik 5 Film Ini, Sadarkah Kamu?


Saat menonton film, biasanya penonton akan lebih fokus ke alur ceritanya. Saking fokusnya ke alur cerita, penonton kebanyakan tidak sadar kalau film yang ditontonnya itu memiliki pesan tersembunyi. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 film yang memiliki pesan tersembunyi.

1. Aliens

Alien (Screenrant)
Alien (Screenrant)

Film ini adalah sekuel dari “Alien”. Film ini merupakan metafora dari Perang Vietnam. Petinggi militer digambarkan sebagai sosok yang tidak kompeten dan pemimpin penduduknya adalah sosok yang korup karena mereka membiarkan nyawa tentara dalam bahaya hanya untuk keuntungan pribadi. Meski secara teknis tentara Amerika punya senjata super, mereka tetap saja kalah dengan alien yang menggunakan taktik tidak biasa. Para alien memanfaatkan kegelapan dan serangan mendadak untuk menghabisi penjajahnya satu per satu. Semuanya ini sangat mirip dengan taktik gerilya pasukan Vietnam.

2. District 9

District 9 (Aliexpress)
District 9 (Aliexpress)

Film ini bercerita tentang sekelompok alien yang tidak sengaja mendarat di Bumi namun mereka dikurung selama puluhan tahun di perkemahan pemerintah di Afrika Selatan. Film ini menggambarkan tentang diskriminasi penduduk Afrika pada masa politik Apharteid. “District 9” juga menjadi metafor dari pemindahan paksa penduduk ke District 6 di Cape Town pada tahun 1970an. Secara gamblang film ini mengangkat tema xenophobia atau ketidaksukaan pada hal asing dan diskriminasi. Namun cerita pentingnya adalah seorang birokrasi rasis, Wikus yang berubah menjadi alien dan membuktikan bahwa pernikahan antar ras juga bukanlah hal yang buruk.

3. Inception

Inception (Screenrant)
Inception (Screenrant)

Seorang kritikus film, Devin Faraci mengungkapkan bahwa sutradara Christopher Nolan sejak awal tidak membuat film tentang mimpi. Sebaliknya, film ini justru menceritakan tentang membuat sebuah film. Lihat saja bagaimana diceritakan tentang para tokoh yang mensurvei lokasi, berdiskusi bagaimana membuat cerita yang meyakinkan, bahkan menemukan orang yang bisa membiayai semuanya. Masing-masing anggota â??Dream Hackerâ? punya perang penting yang sama seperti dalam sebuah produksi film. Sementara itu, Fischer adalah penonton, yang persepsinya berubah-ubah dengan cara memanipulasi emosinya.

4. The Dark Knight

The Dark Knight (Batman-3D)
The Dark Knight (Batman-3D)

Film ini adalah sekuel dari “Batman Begins”. Dalam film ini, Christopher Nolan sang sutradara menggunakan Joker untuk menggambarkan ketakutan dan ancaman teroris yang dihadapi pemerintah modern Amerika Serikat. Sementara itu, Batman, sama seperti pemerintahan George W. Bush, bertindak di luar hukum dan menggunakan cara interogasi yang berbeda dan memata-matai seluruh penduduk untuk menangkap satu orang kriminal. Meski begitu, film ini tidak membenarkan taktik Bush yang dipakai Batman tersebut.

5. Battle Royale

Battle Royale (Overdue Review)
Battle Royale (Overdue Review)

“Battle Royale” adalah salah satu film Jepang yang sangat sadis sepanjang zaman. Diceritakan bahwa ada sekelompok siswa yang dipaksa membunuh satu sama lain agar bisa keluar sebagai pemenang. Siswa dituntut untuk bertahan hidup selama 3 hari. Kesadisan yang disajikan dalam film ini ternyata sebuah metafora dari sistem pendidikan di Jepang. Negara ini membuat banyak siswanya untuk melakukan hal-hal mengerikan, seperti saling bersaing tidak sehat hingga bully yang membuat banyak pelajar bunuh diri. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak