Oma Backpacker Jadi Penginapan Gratis Pertama di Malang


Omah Backpacker di Malang (halomalang.com)

Kota Malang yang terletak di Jawa Timur sekarang sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak digemari anak muda. Pariwisata Malang yang sedang maju pesat tentunya membuat berbagai penginapan mulai dari kelas bawah hingga kelas atas seperti hotel bintang lima berlomba-lomba didirikan. Tapi bagaimana jika kamu punya pilihan untuk menginap gratis selama di Malang?

Bagi anak muda terutama backpacker, menghemat biaya penginapan sangatlah penting. Di Malang ada sebuah penginapan gratis bernama Omah Backpacker yang terletak di Jalan Raya Takeran Ngijo Karangploso, tepatnya di depan Masjid An-Nur. Omah Backpacker ini didirikan oleh pemilik malangvacation.com. Penginapan ini hanya menerapkan sistem â??one night one bookâ?? alias satu malam satu buku. Yup, kamu tidak perlu membayar biaya menginap, namun kamu harus menyumbangkan buku sejumlah berapa malam kamu menginap di Omah Backpacker. Buku-buku yang sudah terhimpun ini ternyata akan disumbangkan untuk taman bacaan di desa-desa setempat. Jadi dengan menginap gratis di Omah Backpacker, secara tidak langsung kamu juga sudah melakukan kegiatan sosial.

Buku-buku hasil sumbangan di Omah Backpacker (www.malangvacation.com)
Buku-buku hasil sumbangan di Omah Backpacker (www.malangvacation.com)

Omah Backpacker sengaja dibentuk karena pemiliknya melihat di desa Ngijo, tempat penginapan ini berdiri, anak-anaknya masih tidak memiliki akses untuk buku dan internet yang cukup, bahkan untuk buku cetak pelajaran saja mereka tidak punya. Melihat hal ini, pemiliknya akhirnya membuka rumah untuk dijadikan penginapan serta taman bacaan untuk anak-anak membaca gratis. Respon yang didapat sangat antusias, hampir setiap hari anak-anak di desa sekitar datang ke Omah Backpacker untuk membaca buku. Koleksi buku yang didapat dari wisatawan juga sangat beragam, mulai dari buku cerita anak-anak hingga buku pelajaran.

Wisatawan yang menginap di Omah Backpacker bukan hanya wisatawan lokal saja loh JBers, namun juga wisatawan mancanegara. Omah Backpacker memiliki 2 kamar di lantai satu dan 2 kamar di lantai dua. Setiap kamar terdapat 2 kasur lantai, karpet, dan colokan listrik. Ada balkon yang cukup lebar di lantai atas. Lalu ada 2 kamar mandi di atas dan di bawah, dapur, dan juga televisi yang terletak di ruang keluarga. Satu lagi nih JBers, di sini ada wifi gratisnya juga loh, jadi kamu juga bisa menginap sambil puas internetan.

Traveler yang menginap di Omah Backpacker (www.malangvacation.com)
Traveler yang menginap di Omah Backpacker (www.malangvacation.com)

Ada beberapa peraturan yang diterapkan di Omah Backpacker seperti menjaga kebersihan karena di sini tidak ada tukang bersih-bersih ya JBers. Kamar perempuan dan laki-laki juga harus dipisah dan kamu tidak boleh merokok di dalam kamar. Jika ingin merokok, kamu bisa merokok di teras atau balkon.

Nah, bagi JBers yang ingin datang ke sana, rutenya tidak sulit kok. Dari stasiun Kota Malang, kamu tinggal naik AMG/ GA/ AL yang turun di Terminal Arjosari lalu naik angkot KA warna merah yang langsung turun tepat di depan Omah Backpacker. Jika ada yang masih kurang jelas, kamu tinggal mengunjungi website www.malangvacation.com dan facebooknya â??Omahbackpackerâ??. Selamat berlibur JBers! (jow)


Kalo Suka Share Dong!

695 shares

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
11
Love
OMG OMG
113
OMG
Yaelah Yaelah
34
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
22
Keren Nih
Ngakak Ngakak
56
Ngakak