Kostum Power Rangers dari Masa ke Masa


Sebagai generasi 90-an, tentu tak asing lagi dengan serial “Mighty Morphin Power Rangers” atau “Power Rangers” saja. Acara ini menjadi tontonan wajib anak-anak pada masa itu. Seiring perkembangan zaman, banyak hadir pula seri lain dari “Power Rangers”, dengan variasi kostum yang berbeda. Dilansir dari IGN, Rabu (18/5/2016), berikut adalah variasi kostum “Power Rangers” dari masa ke masa.

1. Mighty Morphin Power Rangers (1993)

Mighty Morphin Power Rangers (IGN)
Mighty Morphin Power Rangers (IGN)

Kostum ini mungkin yang paling terkenal di antara kostum Power Rangers lainnya. Sang kreator Haim Saban harus berjuang selama hampir 10 tahun agar karakter ini ditayangkan. Namun ia akhirnya berhasil meski kesan awal superhero ini unik dan lucu karena kostumnya yang berwarna-warni.

2. Mighty Morphin Power Rangers: The Movie (1995)

Mighty Morphin Power Rangers: The Movie (IGN)
Mighty Morphin Power Rangers: The Movie (IGN)

Pada saat “Power Rangers” diangkat ke layar lebar, Ranger Hijau digantikan oleh Ranger Putih. Secara keseluruhan, kostum ini hampir mirip dengan versi sebelumnya. Sebagai pengganti kostum spandex, para Rangers mengenakan baju tempur ringan serta terdapat emblem binatang di dada mereka.

3. Mighty Morphin Power Rangers: Ninjetti (1995-1996)

Mighty Morphin Power Rangers: Ninjetti (IGN)
Mighty Morphin Power Rangers: Ninjetti (IGN)

Power Rangers berkekuatan Ninjetti ini memiliki alur cerita itu yang berlanjut dari serial TV. Di musim ketiga, sang kreator memutuskan untuk mengangkat kembali kisah asal-usul kekuatan yang diperoleh Power Rangers. Kostumnya pun terlihat sederhana namun masih mirip kostum Power Rangers modern.

4. Mighty Morphin Rangers: Alien (1996)

Mighty Morphin Rangers: Alien (IGN)
Mighty Morphin Rangers: Alien (IGN)

Rangers Alien datang ke Bumi ketika Rita Repulsa mengubah para Rangers menjadi anak-anak. Rangers Alien ini bertugas menggantikan sementara para Rangers sebelumnya yang tengah berjuang mengembalikan bentuk tubuh mereka seperti semula.

5. Power Rangers Zeo (1996)

Power Rangers Zeo  (IGN)
Power Rangers Zeo (IGN)

Zeo merupakan kelanjutan dari Mighty Morphin dan menampilkan Rangers baru maupun lama dari seri sebelumnya. Kostum ini sangat mirip dengan versi awal yang menampilkan kembali Ranger Hijau dan meniadakan Ranger Putih dan Hitam.

6. Power Rangers Turbo (1997)

Power Rangers Turbo  (IGN)
Power Rangers Turbo (IGN)

Tidak seperti film Mighty Morphin, Power Rangers Turbo menjadi jembatan antara Zeo dan Turbo. Film ini juga memperkenalkan aktor anak, Blake Foster, yang memerankan Ranger Biru. Di film ini, pemeran aslinya juga digantikan dengan anggota baru, tapi kostumnya tetap sama.

7. Power Rangers in Space (1998)

Power Rangers in Space  (IGN)
Power Rangers in Space (IGN)

Serial ini mengisahkan Power Rangers di luar angkasa dengan aktor dan alur cerita yang berbeda. Meski tak sesukses versi sebelumnya, serial ini cukup diminati para penonton.

8. Power Rangers Lost Galaxy (1999)

Power Rangers Lost Galaxy (IGN)
Power Rangers Lost Galaxy (IGN)

Rangers Galaxy benar-benar didasarkan pada seri Sentai bertema alam, Gingaman. Terlepas dari itu, Saban memutuskan untuk melakukan gebrakan berbeda yang mungkin terinspirasi kesuksesan “Power Rangers in Space”.

9. Power Rangers Lightspeed Rescue (2000)

Power Rangers Lightspeed Rescue (IGN)
Power Rangers Lightspeed Rescue (IGN)

Power Rangers ini merupakan tim pertama yang membuat pakaian dan senjata sendiri. Tidak ada campur tangan magis atau alien. Serial ini juga memperkenalkan Ranger baru, yaitu Titanium Ranger.

10. Power Rangers Time Force (2001)

Power Rangers Time Force (IGN)
Power Rangers Time Force (IGN)

Kostum “Power Rangers Time Force” memiliki warna yang sangat mencolok. Karena mereka Rangers penjelajah waktu, serial ini memiliki dua Rangers Merah.

11. Power Rangers Wild Force (2002)

Power Rangers Wild Force (IGN)
Power Rangers Wild Force (IGN)

Seperti namanya, “Power Rangers Wild Force” memakai helm hewan seperti yang digunakan dalam “Mighty Morphin” dan “Lost Galaxy”. Serial ini diakuisisi oleh Disney sehingga proses produksinya dipindahkan dari Los Angeles ke Selandia Baru.

12. Power Rangers Ninja Storm (2003)

Power Rangers Ninja Storm (IGN)
Power Rangers Ninja Storm (IGN)

Tim utama Rangers ini mulanya terdiri dari tiga Rangers. Namun menyusul kemudian Ranger Biru yang diperankan perempuan dan Ranger Kuning yang diperankan laki-laki.

13. Power Rangers Dino Thunder (2004)

Power Rangers Dino Thunder (IGN)
Power Rangers Dino Thunder (IGN)

Selain menghidupkan kembali tema dinosaurus ikonik dari “Mighty Morphin”, “Dino Thunder” membawa kembali Tommy Oliver, yang berperan sebagai Ranger Hijau atau Putih. Awalnya ia berperan sebagai profesor dan mentor tim, Tommy akhirnya memakai kostum Ranger Hitam.

14. Power Rangers S.P.D. (2005)

Power Rangers S.P.D. (IGN)
Power Rangers S.P.D. (IGN)

Power Ranger S.P.D. merupakan semacam polisi masa depan yang melindungi Bumi dari alien jahat. Kostum mereka juga lebih ramping. Terkadang tugas mereka juga dibantu Rangers alien.

15. Power Rangers Mystic Force (2006)

Power Rangers Mystic Force (IGN)
Power Rangers Mystic Force (IGN)

Sifat yang paling jelas dari “Mystic Force” adalah jubah Ranger yang belum pernah digunakan sebelumnya. Versi ini mungkin terinspirasi superhero pada umumnya yang memakai jubah seperti Superman dan Batman.

16. Power Rangers Operation Overdrive (2007)

Power Rangers Operation Overdrive (IGN)
Power Rangers Operation Overdrive (IGN)

Sama seperti “Turbo”, “Operation Overdrive” dipengaruhi oleh kendaraan buatan manusia. Oleh karena itu, kostum Ranger ini memiliki unsur kendaraan.

17. Power Rangers Jungle Fury (2008)

Power Rangers Jungle Fury (IGN)
Power Rangers Jungle Fury (IGN)

“Jungle Fury” bisa dibilang memiliki tema utama binatang. Kostum mereka tidak hanya menampilkan helm berbentuk binatang, tetapi terdapat juga tanda satwa liar di setelan spandex mereka.

18. Power Rangers RPM (2009)

Power Rangers RPM (IGN)
Power Rangers RPM (IGN)

Tak hanya mengangkat tema mobil, kostum RPM juga memiliki tema hewan yang menjadikan mereka hybrid dari “Turbo” dan “Mighty Morphin”.

19. Power Rangers Samurai/Super Samurai (2011-2012)

Power Rangers Samurai/Super Samurai (IGN)
Power Rangers Samurai/Super Samurai (IGN)

Tayang di Nickelodeon, “Samurai Rangers” adalah Ranger pertama yang ditayangkan lebih dari satu musim sejak “Mighty Morphin”. Rangers ini terkenal karena memiliki tujuh mode yang berbeda, masing-masing dengan kostum yang berbeda pula.

20. Power Rangers Megaforce (2013)

Power Rangers Megaforce (IGN)
Power Rangers Megaforce (IGN)

Megaforce Rangers mirip dengan RPM dengan tema kostum bintang dan mobil.

21. Power Rangers Super Megaforce (2014)

Power Rangers Super Megaforce (IGN)
Power Rangers Super Megaforce (IGN)

Mirip “Super Samurai”, “Super Megaforce” terdiri dari tim yang sama dari musim sebelumnya. Bedanya kostum mereka mengusung tema bajak laut.

22. Power Rangers Dino Charge (2015-2016)

Power Rangers Dino Charge (IGN)
Power Rangers Dino Charge (IGN)

“Dino Charge” merupakan Power Ranger terbaru. Uniknya, tim Power Rangers ini terdiri dari 10 anggota.

23. Power Rangers (2017)

Power Rangers 2017 (IGN)
Power Rangers 2017 (IGN)

Power Rangers ini merupakan versi film yang rencananya akan ditayangkan pada tahun 2017 mendatang. Terinspirasi dari Mighty Morphin, kostum berat mereka memiliki berlian menyala yang membuat penampilan mereka terlihat sangar namun tetap elegan dan berkelas. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak