Menelusuri Pemandangan di Marina Bay Singapura


Singapura yang merupakan salah satu kota terbersih di dunia menjadi pilihan tempat wisata luar negeri favorit masyarakat Indonesia. Selain karena lokasinya yang sangat dekat, tempat wisata di Singapore juga sangat beragam seperti, Universal Studio, Madame Tussauds, Jurong Bird Park, Merlion Park, Marina Bay Sand Sky Park, Art Science Museum, Gardens By The Bay, Floating Stadium, dan masih banyak lagi. Kebanyakan dari tempat wisata tersebut ada di kawasan Marina Bay. Marina Bay yang berada di bagian selatan Singapura merupakan sebuah teluk reklamasi yang dijadikan kawasan wisata, belanja, tempat tinggal, serta bisnis.

Kawasan Marina Bay terkenal karena landmarknya yang sangat apik dan futuristik, makanya tak heran jika para wisatawan akan mengambil puluhan jepret foto untuk mengabadikan moment mereka dengan latar pemandangan gedung-gedung hasil mahakarya arsitektur terkenal di dunia, yaitu Moshe Safdie.

Patung Merlion (singapore-guide.com)
Patung Merlion (singapore-guide.com)

Perjalanan kamu di Marina Bay bisa kamu mulai dengan mengunjungi Merlion Park yaitu sebuah kawasan taman dengan patung berbentuk ikan dengan kepala singa yang jadi ikon Singapura. Tubuh patung yang berbentuk ikan melambangkan awal Singapura yang tadinya sebuah desa nelayan. Sedangkan kepalanya yang berbentuk kepala singa melambangkan nama asli negara ini, yakni Singapura yang berarti â??kota singaâ?? dalam bahasa Melayu. Patung Merlion yang memiliki tinggi 120 meter ini ternyata memiliki anak loh JBers, yakni Merlion Junior yang terletak tepat di belakang patung Merlion besar. Ukurannya lebih mini, tingginya hanya 2 meter.

Marina Bay Sands Sky Park (www.greenroofs.com, kafatopu3.com)
Marina Bay Sands Sky Park (www.greenroofs.com, kafatopu3.com)

Jika kamu penyuka ketinggian, dari Merlion Park kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Marina Bay Sand Sky Park. Selain Merlion Park, kamu pasti tahu landmark berbentuk perahu yang mernghubungkan tiga gedung pencakar langit di Singapura. Perahu yang terlihat seperti mengambang dan bertengger di atas langit ini merupakan sebuah kolam renang luar ruangan yang membentang sepanjang 150 meter yang dirancang seolah-olah tanpa tepi sehingga saat kamu berenang kamu serasa berenang di atas langit. Kolam renang ini merupakan kolam renang melayang terpanjang di dunia loh JBers. Selain berenang, kamu juga menikmati makan siang sambil memandang indahnya pemandangan Singapura dari atas sini.  Marina Bay Sand Sky Park buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 malam.

Art Science Museum (sagg.info)
Art Science Museum (sagg.info)

Di depan Marina Bay Sand Sky Park, ada Art Science Museum bagi kamu penyuka seni. Gedung Art Science Museum memang terlihat sangat menarik dan penuh dengan kreatifitas dari depan karena museum kreativitas pertama di Marina Bay ini sengaja dibuat untuk mendorong orang-orang kreatif di Singapura untuk terus berkarya. Sejak dibuka pada tahun 2011, museum dengan 21 ruang galeri ini menjadi tempat pameran yang paling banyak dikunjungi. Art Science Museum buka setiap hari mulai pukul 10.00-22.00 malam.

Helix Bridge (www.e-architect.co.uk, thousandwonders.net)
Helix Bridge (www.e-architect.co.uk, thousandwonders.net)

Tak jauh dari sana, kamu bisa berjalan kaki menuju Helix Bridge, sebuah jembatan yang bentuk lanskapnya mirip dengan model DNA manusia. Jembatan yang dibangun pada tahun 2010 ini berbahan steinless steel dan dilengkapi dengan caopi yang terbuat dari fritted glass. Di lantai jembatan ini juga ada lampu-lampu dengan inisial huruf C, G, A dan T. Huruf-huruf tersebut bukanlah kode atau sandi nama, melainkan sebuah simbol dari DNA yang berarti Cytosine, Guanine, Adenine, dan Thymine. Keempatnya adalah  4 basis dari DNA. Saat malam hari, pemandangan di Helix Bridge sangat indah karena lampu-lampu yang menghiasinya.

Float Stadion (aura-ilmu.com)
Float Stadion (aura-ilmu.com)

Di ujung Helix Bridge ada tempat wisata yang pasti disukai para penggemar bola. Floating Stadium yang bersebrangan dengan Art Science Museum ini merupakan stadium sepak bola dengan lapangan terapung berukuran panjang 120 meter dan lebar 83 meter sementara kapasitas tempat duduk penontonnya mencapai 30.000 orang. Floating Stadium telah menjadi tempat berbagai acara di Marina Bay seperti konser, olahraga, hingga pertunjukan seni dan budaya.

Gardens By The Bay (www.expedia.com)
Gardens By The Bay (www.expedia.com)

Satu lagi tempat wisata di Singapore yang tak boleh terlewatkan saat kamu ke Marina Bay, yakni Gardens By The Bay. Gardens The Bay merupakan sebuah taman tak biasa. Kenapa dikatakan tak biasa, karena selain terdapat berbagai tumbuhan hijau, di sini kamu akan menemukan beberapa pohon raksasa yang terbuat dari baja setinggi gedung 16 lantai yang memiliki fungsi menarik, yakni menampung air saat hujan dan mengambil energi matahari saat tidak hujan. Waktu berkunjung yang paling tepat ke Gardens By The Bay adalah malam hari karena ada banyak lampu-lampu indah yang menghiasi pohon-pohon tersebut. Kamu juga menikmati pemandangan dari atas jembatan yang menghubungkan pohon-pohon tersebut. Asik bukan?

Setelah tahu beberapa tempat wisata yang ada di Marina Bay, apakah kamu jadi kepengen datang ke kota yang jadi salah satu kota terbersih di dunia ini?


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak