Asyiknya Mendayung di 5 Pasar Apung di Indonesia ini, Tak Kalah dari Mal!


Kekayaan alam Indonesia memang bukan lagi rahasia. Tak hanya menyajikan gunung dan pantai yang indah, pun sungai-sungai besar yang eksotis. Sungai besar yang tersebar di seluruh pelosok negeri, mempunyai banyak fungsi, baik sebagai jalur transportasi, maupun tempat hidup ikan air tawar. Di samping itu, sungai besar di Indonesia juga dimanfaatkan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli yang disebut sebagai pasar apung.

Pasar apung ini buat unik, sehingga sangat menarik untuk dijadikan salah satu destinasi wisata. Nah, berikut 5 pasar apung yang ada di Indonesia. Nikmati asyiknya mendayung sembari menjajal produk khas Indonesia, sensasinya lebih seru ketimbang belanja di mal, lho!

1. Pasar Apung Lembang

anekatempatwisata.com

Pasar Apung Lembang (Floating Market Lembang) menempati area seluas 7,2 hektar di wilayah Lembang, Bandung Utara, Jawa Barat. Konsep pasar apung ini sangat menarik, memadukan tema bermain, belajar, dan kuliner. Deretan gazebo di tepi danau dapat digunakan pengunjung untuk bersantai. Selain itu, ada pula rumah rileksasi dengan gaya arsitektur Belanda, Thailand, dan Betawi yang dibuat terapung di atas danau.

2. Pasar Ah Poong, Bogor

liburananak.com

Pasar terapung Ah Poong berada di Sentul City, Sentul, Bogor, tepatnya ada di tepi Sungai Cikeas. Ah poong menyajikan konsep modern memadukan restoran terbuka dan pasar apung dengan perahu-perahu di Sungai Cikeas. Sembari asyik mendayung, kamu dapat mencicipi kuliner tradisional yang dijajakan di atas perhahu, maupun di kuliner mancanegara di restoran terapung.

3. Pasar Apung Nusantara, Malang

infobatu.com

Pasar Apung Nusantara berada di atas sungai buatan terletak di kawasan Museum Angkut, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Terdapat 80 stand yang menjajakan berbagai ragam kuliner dari berbagai penjuru nusantara, dan souvenir yang patut untuk dikunjungi.  Kamu bisa berkeliling di kawasan pasar dengan menyewa perahu. Selain itu, bagi yang gemar berfoto, banyak spot asyik di sana, apalagi jika berkunjung di malam hari, karena nyala lampu, sungai buatan, dan bangunan tradisionalnya akan tampak lebih indah di malam hari.

4. Pasar Terapung Langkat, Sumatera Utara

newshub.id

Sumatera ternyata punya pasar terapung, tepatnya di Desa Pulau Sembilan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Pasar ini mengambil konsep pasar di atas sungai. Pasar terapung Langkat sengaja dibuat oleh pemerintah setempat pada tahun 2009. Sambil menjelajahi sungai, kamu bisa membeli ikan kerapu, hasil laut khas dari Kabupaten Langkat.

5. Pasar Muara Kuin, Banjarmasin

deviantart.net

Inilah pasar terapung paling legendaris di Indonesia. Pasar Muara Kuin terletak di Kota Banjarmasin, tepatnya di persimpangan Sungai Kuin dan Sungai Barito. Pasar ini semakin dikenal setelah dijadikan lokasi iklan televisi seorang nenek yang mengacungkan jempol di atas perahu. Kamu bisa membeli aneka buah-buahan, sayuran, makanan, ikan, tanaman, hingga peralatan rumah tangga di sini. Tak hanya itu, restoran terapung pun ada di sini. Mari mendayung!


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak