5 Puncak Gunung Terindah di Indonesia, Jadi Rindu Mendaki!


Rinjani (trekkingrinjani.com)

Sebagian besar orang di dunia yang mengenal dan telah menjelajahi Indonesia, sepakat menyebut negeri ini adalah sepotong surga yang tertinggal di Bumi. Keindahan negara dengan deretan kepulauan cantik ini sangatlah lengkap. Salah satunya adalah gunung Indonesia yang kaya dan berderet hampir dari sepanjang ujung timur hingga barat.

Gunung di Indonesia tak ada habisnya untuk dikagumi keindahannya, apalagi jika melihat dari puncaknya. Rasa lelah mendaki, hilanglah sudah usai melihat panorama indah di atas puncak gunung. Nah, 5 gunung ini tak hanya punya punya pemandangan yang indah, tapi punya puncak yang memesona. Simak yuk ulasannya, berikut ini.

1. Puncak Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat

kompasiana.com

Pesona gunung Rinjani yang anggun membuat siapapun terpana. Gunung yang terletak di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ini merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl. Di puncak Rinjani kamu bisa menyaksikan puncak Gunung Agung (Bali), Gunung Ijen (Banyuwangi), dan Gunung Tambora (Sumbawa). Apalagi ditambah pemandangan Segara Anakan, danau di ketinggian ± 2.010 m dpl, sedalam ± 230 meter, dan luas 1.100 ha yang berbentuk seperti bulan sabit, bikin nyaman!

2. Puncak gunung Kelimutu, Pulau Flores, NTT

newshub.id

Gunung berapi yang terletak di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur ini punya puncak yang gagah nan indah. Di atas ketinggian 1.639 mdpl, kamu akan disajikan dengan keunikan danau Kelimutu atau yang dikenal juga sebagai danau Tiga Warna yang menawan. Danau seluas 1.051.000 meter persegi ini sebenarnya terdiri atas tiga danau yang masing-masing dipisah oleh dinding kawah yang terjal dan tipis. Uniknya masing-masing danau memiliki warna yang berbeda-beda.

3. Puncak gunung Bromo, Jawa Timur

eloratour.wordpress.com

Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.392 mdpl dan terletak di empat kabupaten sekaligus, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung yang menjadi obyek wisata favorit di Indonesia ini memiliki pesona puncak yang tiada tandingnya. Apalagi gunung Bromo punya keindahan sunrise, padang pasir seluas, dan sepasang kawah aktifnya, serta upacara suci Yadnya Kasada atau Kasodo yang diselenggarakan masyarakat Tengger.

4. Puncak Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat

newshub.id

Gunung tercantik selanjutnya adalah gunung Papandayan. Gunung yang terletak Garut, Jawa Barat ini mempunyai ketinggian 2665 mdpl. Salah satu yang menarik dari gunung Papandayan keberadaan beberapa kawah yang diantaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk, yang masing-masing kawah mengeluarkan uap dari dalamnya. Tak hanya itu saja, Blok Pondok Saladah, yakni areal padang rumput seluas 8 ha dan Sumber Air Panas menambah keindahan gunung ini

5. Puncak Jayawijaya, Papua

dreamyourvacation.wordpress.com

Pesona puncak Jayawijaya di Papua memang terbaik! Gunung yang termasuk dalam Barisan Sudirman ini mempunyai ketinggian 5.030 m dpl dan menjadi gunung tertinggi di Indonesia. Bahkan termasuk dalam salah satu Seven Summit di tujuh benua dunia versi Reinhold Messne. Keunikan dan kecantikan utama gunung ini adalah terdapatnya gletser Carstensz, yaitu lapisan salju atau es abadi, satu-satunya gunung di Indonesia yang puncaknya diselimuti salju abadi!


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak