5 Lagu Indonesia yang Kobarkan Semangat Sepak Bola


Bulan Juni tahun ini menjadi bulan sepak bola bagi pecintanya di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia yang disuguhkan tiga kompetisi akbar yaitu Euro 2016, Copa America 2016, serta Indonesia Soccer Championship 2016. Karena itu, jadiBerita akan berikan 5 lagu Indonesia yang cocok untuk kobarkan semangat sepak bola dalam dirimu, seperti dilansir dari Rollingstonecoid, Rabu (15/6/2016).

1. Mocca – Mars Persib

Selain terdapat brass section, lagu dari grup band Mocca ini memiliki keistimewaan tersendiri, yaitu bagian reff yang dinyanyikan sendiri oleh pelatih dan tiga pemain yang memperkuat Persib era 2004: Juan Paez, Andres Angelo, Claudio Lizama dan Adrian Colombo.

2. P Project – Lagunya Lagu Bola

Grup vokal komedi, P Project, dikenal karena candaan mereka yang selalu tepat sasaran, tapi jarang sekali politis. “Lagunya Lagu Bola” dirilis pada 1998, bertepatan dengan dua momen besar yaitu piala dunia dan krisis moneter. Dua hal yang kontradiktif ini direkam dalam parodi dari lagu “La Copa de la Vida” milik Ricky Martin. Dengan cerdasnya, P Project merayakan pesta bola terbesar lalu menggabungkannya dengan kritik sosial yang dibicarakan dengan halus.

3. Iwan Fals – Mereka Ada di Jalan

Sering kali sudut pandang Iwan Fals tentang politik, sosial, hingga kasih sayang berhasil dituangkan dengan sederhana namun tepat sasaran ke dalam lagu-lagunya. Salah satu di antara yang menarik untuk disimak adalah “Mereka Ada di Jalan” dari album “Belum Ada Judul” (1992). Seperti biasanya lagu ini dipersenjatai sebuah kritikan demi menggambarkan bobroknya sistem yang berlaku tak adil. Di dalam lagu ini dengan cerdasnya Iwan menyampaikan itu semua lewat sudut pandang yang tidak biasa yaitu sepak bola.

4. Silampukau – Bola Raya

https://www.youtube.com/watch?v=Bxc_8FpCwVI

Jika Iwan Fals punya “Mereka Ada di Jalan” untuk menceritakan tentang bocah-bocah yang bersemangat bermain sepak bola seakan tidak ada hari esok, Silampukau memiliki “Bola Raya”. Duo yang diisi Kharis Junandharu dan Eki Tresnowening ini dengan sederhana dan apik menggambarkan bocah-bocah yang kehilangan lahan untuk bermain sepak bola dan terpaksa menjadikan jalan raya sebagai pengganti lapangan hijau.

5. Benyamin Sueb – Sepak Bola Lawak

Secara jenaka Benyamin menarasikan jalannya pertandingan dengan lucunya, dari Eddy Sud yang terkentut-kentut sebab iganya disikut sampai wasit yang ngaso karena memakan kacang. Musiknya pun mendukung nuansa senang, pop 80-an yang mengajak bergoyang. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak