Syarat & Mekanisme Mendapatkan Kredit Cicilan 0%


Sekarang ini banyak sekali penawaran dari kartu kredit yang memberikan cicilan hanya nol persen baik itu untuk produk pakaian , elektronik sampai tiket pesawat. Saat  Anda berbelanja di toko supermarket besar banyak dipasang berbagai banner promo tentang program tersebut yang berukuran lumayan besar. Tentu ada banyak orang yang melihat dan tertarik dengan promo tersebut, bahkan mungkin Anda juga tertarik . Anda akan berpikir bahwa sangat menguntungkan bila membeli barang dengan harga tunai namun pembayarannya dapat dicicil 12 kali tanpa ada tambahan sama sekali. Hal tersebut seperti membeli barang secara kredit, namun tanpa adanya bunga. Dengan mengikuti program tersebut uang jatah bulanan Anda tidak akan habis , dan tabungan anda masih utuh.

Saya berikan contohnya ,jika Anda akan membeli gadget dengan harga lima juta, sedangkan gaji Anda hanya dua juta. Dengan gaji sebulan hanya dua juta, Anda terpaksa harus mengambil tabungan bila ingin membeli gadget secara tunai. Sedangkan jika membeli gadget tersebut secara kredit, harga ponsel yang sebelumnya lima juta bisa menjadi tujuh juta pada total akhir cicilan. Namun dengan program cicilan 0% kartu kredit, ponsel harga lima juta bisa Anda cicil 5 kali , dengan cicilan per bulan sebesar satu juta. Jadi, tinggal sisihkan satu juta dari gaji setiap bulan, dan anda tidak perlu lagi mengambil tabungan. Anda dapat membeli ponsel baru secara kredit namun dengan harga tunai dan tabungan Anda tetap utuh. Hal yang menarik bukan ? . Namun Anda jangan tergesa-gesa mengambil program cicilan 0% kartu kredit tersebut, bila Anda belum paham tentang apa itu cicilan 0%  dan juga bagaimana cara mendapatkan cicilan 0% tersebut.

Berbeda dengan jenis kredit lainnya seperti krediit multi guna maupun kredit tanpa agunan / KTA Cilcilan 0% merupakan sebuah skema cicilan yang memperbolehkan Anda menggunakan kartu kredit untuk membeli suatu barang dengan cara mengangsurnya perbulan atau bahkan pertahun untuk melunasi total harga pembelian. Kemudian , cicilan 0% memungkinkan angsuran tersebut diangsur tanpa dikenakan bunga atau yang disebut bunga 0%. Dengan demikian ,  selama periode cicilan, Anda tidak akan ditagih bunga sama sekali atas pembelian produk yang menggunakan program tersebut. Saat Anda akan membeli sebuah barang dengan program cicilan 0%, maka jumlah uang yang ditagihkan pada Anda tidak akan mengalami perubahan .

Contohnya saja jika Anda membeli suatu barang dengan harga 10 juta rupiah dan Anda memilih untuk melunasi jumlah tersebut selama 10 bulan,jadi perbulannya Anda akan ditagih sebesar satu juta rupiah saja dan tidak akan ada bunga yang ditagihkan pada  Anda. Setelah tagihan tersebut datang pada Anda, maka Anda harus melunasi cicilan perbulannya sesuai pada waktu yang telah ditentukan . Pastikan jumlah uang yang Anda bayar sesuai dengan tagihan yang Anda inginkan saat awal transaksi. Apabila Anda membayar sesuai dengan batas waktu yang ditentukan, maka Anda hanya perlu membayar sebesar satu juta rupiah. Jika Anda sudah melewati waktu atau jatuh tempo, maka Anda akan dikenakan bunga sesuai dengan kebijakan kartu kredit. Lalu , pastikan bank yang Anda gunakan atau bank penerbit kartu kredit sudah banyak bekerja sama dengan beberapa toko atau vendor yang menawarkan cicilan nol persen  tersebut, sehingga Anda dapat menikmati program tersebut .

 Pada umumnya beberapa toko yang menawarkan program cicilan 0% memasang tanda atau papan pengumuman yang menunjukkan bahwa toko tersebut telah bekerja sama dengan pihak bank untuk mengadakan cicilan 0%. Supaya Anda tahu lebih banyak informasinya , alangkah baiknya Anda mencari tahu melalui internet tentang toko atau produk apa saja yang bekerja sama dengan bank Anda dalam menawarkan cicilan 0% . Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah barang, alangkah baiknya Anda memeriksa dulu seluruh persayaratan dan ketentuan yang perlu Anda penuhi dalam menjalankan program cicilan 0%. Berikut ini beberapa syarat yang biasanya diberlakukan oleh tiap bank yakni :

  • Barang yang akan dibeli sudah termasuk dalam promosi yang dapat menggunakan cicilan 0%
  • Ada minimal pembelian yang perlu dipenuhi oleh pembeli untuk memperoleh program cicilan 0%
  • Tenor atau Jangka waktu yang ditawarkan umumnya dipilih antara 3, 6 atau 12 bulan
  • Bagi beberapa bank akan dikenakan biaya administrasi dalam program tersebut

Baca juga:  Pinjaman Tanpa jaminan 

Setelah Anda memilih dan sudah memenuhi syarat yang diajukan untuk mengikuti program cicilan 0% yang diminta, yang harus Anda lakukan yaitu melakukan transaksi dengan kartu kredit Anda seperti biasa. Pastikan bahwa Anda sudah mengajukan permintaan program cicilan 0% sebagai metode pembayaran. Setelah adanya kesepakatan antara Anda dengan pihak toko, maka Anda sudah sah dan berhak untuk menggunakan program cicilan 0% tersebut. Yang harus Anda ingat yaitu untuk membayar tagihan berikutnya anda harus tepat pada waktunya. Manfaat dari cicilan 0%  dapat dibagi menjadi yaitu, manfaat langsung dan manfaat tidak langsung.

Manfaat langsungnya  yaitu Anda bisa membayar suatu barang yang sudah diinginkan dengan cara menangsur tanpa harus membayar biaya tambahan atau tanpa bunga yang besar selama periode waktu yang sudah ditentukan. Pembayaran yang dilakukan juga akan lebih ringan dan konsumen akan merasa diuntungkan. Manfaat tidak langsungnya yaitu konsumen dapat menyimpan uang yang sebelumnya akan dibelanjakan untuk membayar jumlah total belanjaan sebuah barang pada suatu investasi. Dengan menggunakan program cicilan 0%, konsumen masih mempunyai sisa uang yang dapat digunakan untuk berinvestasi misalnya saja membeli emas, atau barang-barang investasi yang lain .

Jika Anda ingin membeli barang dengan menggunakan program cicilan 0%  supaya lebih ringan dibandingkan jika membeli secara tunai. Anda bisa langsung datang ke toko yang menjual barang kebutuhan Anda tersebut, yang memberikan promo program cicilan 0%, lalu tanyakan terlebih dahulu apakah program tersebut masih berlaku . Contohnya , jika Anda ingin membeli mesin cuci dengan program cicilan 0%, anda bisa datang ke toko elektronik yang memasang promo program cicilan 0% tersebut. Anda harus menanyakan apakah promo tersebut masih berlaku atau sudah habis masa berlakunya. (jow)

Sumber: Taralite


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak