3 Hal Tentang Tour Guide


Jika anda pernah berwisata menggunakan jasa tour & travel, biasanya akan dipandu oleh seorang atau beberapa Tour guide. Mau tau tentang pekerjaan seorang tour guide? Simak yang tiga ini :

1. Stand By

Tanggung jawab tour guide adalah memastikan customer puas akan jasa yang diberikan. Mottonya adalah “Kapan saja, Dimana saja” ada sang Tour Guide. Customer baru akan take off dari daerah asal, tour guide sudah bersiap siap di bandara. Customer sudah mulai makan siang, tour guide masih sibuk mesanin minumannya.

Giliran  tour guidenya baru mau makan, eh customer sudah pada siap menuju perjalanan berikutnya. Oleh karena itu kemampuan makan cepat juga dibutuhkan. Kalau tidak sekalian tidak makan! Customer sudah beristirahat pada malam hari, tour guide masih mem-follow up buat trip besoknya. Dan kembali lagi pada pagi hari dengan segar dan siap menemani para customer.

2. Multitasking Job

Tour guide tidak hanya bekerja memberitahukan informasi tentang daerah wisata, perjalanan yang akan ditempuh tetapi juga dibutuhkan soft skills lainnya misalnya kemampuan berbahsa asing yang lain seperti Bahasa Inggris atau Mandarin adalah keharusan apalagi jika membawa customer ke luar negeri. Menurut Pengalaman saya, sang customer canggung berinteraksi dengan orang asing atau tidak PD dengan bahasa inggrisnya, sehingga dia meminta tour guidelah menjadi penjembatan komunikasi.

Jadilah tour guide sebagai translator yang diminta bantuan untuk menukarkan uang, membelikan minuman hingga nanyain Toilet. Jika customer sedang galau, maka telinga tour guide berfungsi sebagai tempat curhatan yang setia. Customer BT dalam bus? Siapkan entertain skill anda. Bisa dengan ngelawak hingga karaokean dalam bus. Pada suatu kesempatan, saya memandu anak kampus yang melakukan studi tour dimana yang ikut hanya 1 orang mahasiswi. Saya pun didaulat menjadi â??teman tidurâ? karena dia takut.

3. Networking

Anda berkesempatan berkenalan dengan orang baru. Bisa saja customer anda adalah anggota dewan atau hanya ibu rumah tangga biasa. Apapun itu jalin komunikasi yang baik. Setidaknya dengan memberikan service yang memuaskan dia akan kembali menggunakan jasa anda atau paling tidak bakal merekomendasikannya kepada orang lain. Syukur syukur anda mendapat tip lebih atau malah bertemu dengan Mr.Right anda. Who knows?

Jadi, siapa yang tertarik menjadi Tour Guide?


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
41
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
53
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak