5 Pahlawan Indonesia yang Kisahnya Dijadikan Film


Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tiap 10 November yang jatuh hari ini, jadiBerita bakal memberikan kisah hidup para pahlawan Indonesia yang dijadikan film. Ada siapa saja? Berikut kelima pahlawan kita yang dijadikan film, seperti dilansir dari Bintangcom, Kamis (10/11/2016).

Sukarno

https://www.youtube.com/watch?v=iyhD1tpTX5c

Ir. H. Sukarno adalah Presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945â??
1966. Ia memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Sang Proklamator ini diangkat menjadi film oleh Hanung Bramantyo berjudul “Soekarno”. Film yang rilis pada 11 Desember 2013 dan dibintangi oleh Ario Bayu ini bercerita tentang kisah hidup Sukarno dan telah memenangkan ajang ASEAN Intertanional Film Festival and Awards 2015.

H.O.S Cokroaminoto

Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto, atau yang lebih dikenal dengan nama H.O.S Cokroaminoto , merupakan seorang pemimpin salah satu organisasi yaitu Sarekat Islam (SI). Pada tahun 2015 dibuatlah film tentang H.O.S Cokroaminoto yang diberi judul “Guru Bangsa Tjokroaminoto” Film ini mengisahkan tentang perjuangan HOS Tjokroaminoto untuk kemerdekaan RI. Film ini menampilkan suasana perjuangan Tjokroaminoto dengan organisasi Serekat Islam yang didirikannya pada tahun 1800-an.

Jenderal Sudirman

Jenderal Besar Raden Soedirman adalah seorang perwira tinggi Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Menjadi panglima besar Tentara Nasional Indonesia pertama, ia secara luas terus dihormati di Indonesia hingga kini. Karena perjuangannya yang hebat kepada Indonesia, dibuatlah Film “Jenderal Soedirman”. Film yang dibintangi Adipati Dolken ini rilis pada 27 Agustus 2015.

Cut Nyak Dhien

Cut Nyak Dhien adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia dari Aceh yang berjuang melawan Belanda pada masa Perang Aceh. Kisah hidup pahlawan wanita ini juga pernah dibuatkan filmnya pada 1988 berjudul “Tjoet Nja’ Dhien”. Diperankan oleh Christine Hakim, film ini sempat ditayangkan pada ajang Festival Film Cannes 1989. Gelar film terbaik FFI 1988 pun berhasil diraih oleh film arahan Eros Djarot ini.

Ahmad Dahlan

Kyai Haji Ahmad Dahlan atau Muhammad Darwis adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Ia adalah putra keempat dari tujuh bersaudara dari keluarga K.H. Abu Bakar. Kisah nyata pahlawan sekaligus pendiri Muhammadiyah ini dibuat dalam film berjudul “Sang Pencerah”, yang dibintangi oleh Lukman Sardi. Film arahan Hanung Bramantyo ini sangat kental dengan nilai toleransi beragama. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak