Dari sekian banyak profesi di muka bumi ini, wartawan bisa menjadi pilihan bagi kamu yang senang tantangan dan petualangan. Namun, menjadi jurnalis juga perlu kekuatan fisik dan mental yang mumpuni karena tugasnya memang tak mudah.

Oleh karena itu, buat kamu yang bercita-cita menjadi seorang jurnalis, simak 5 kenyataan ini agar kamu lebih siap.

1. Mengenal orang penting tentu impian semua orang, buat para jurnalis itu merupakan sebuah Rutinitas

Pekerjaan seorang wartawan salah satunymewawancarai sosok penting dan punya pengaruh yang menjadi nilai berita. Bertemu orang penting mulai dari artis, pejabat, kepala daerah, hingga Presiden, adalah rutinitas para jurnalis.

Sebab, melalui para tokoh itulah, para wartawan mendapat informasi yang kemudian disebarkan kepada masyarakat. Tak hanya itu saja, dari para tokoh yang menguasai dalam bidang apapun itulah, tentu bisa jadi pelajaran tersendiri bagi kamu untuk menjadi motivasi diri agar bisa seperti mereka. Asyik, bukan?

2. Jalan-jalan atau datang ke tempat seru tanpa biaya? Jadi wartawan jelas bisa!

Pantai Baru

Selain bertemu orang penting, jurnalis juga bisa jalan-jalan ke berbagai tempat secara gratis! Terkadang kamu juga bakal dimanjakan oleh penyelenggara acara biar bisa menikmati ‘liburan’-mu senyaman mungkin. Karena mereka tahu, lewat kamu-lah informasi dari tempat tersebut bisa disebarkan kepada publik.

Petualangan inilah terkadang bisa membuat para jurnalis terhindar dari jenuh. Pekerjaanmu jelas bukan tugas pekerja kantoran yang hanya duduk di depan komputer, melainkan melihat sesuatu yang baru di lapangan. Menarik banget, kan!

3. Deadline yang mengikat memang menyebalkan, tapi bagi jurnalis itu jelas sebuah keharusan

Meskipun wartawan bebas dari rasa bosan karena tak melulu mesti berada di kantor, tapi tanggung jawabmu mengirim berita dalam waktu yang ditentukan jelas mesti dipenuhi.

Untuk itulah, wartawan mesti bersahabat dengan deadline. Profesi ini memang membutuhkan kecepatan, jika tidak jelas sudah tertinggal. Positifnya, dikejar-kejar deadline bakal jadi kebiasaan baik buat kamu untuk melatih kedisiplinan dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

4. Jam kerja yang gak tentu, kadang-kadang tengah malem mesti liputan

Satu lagi nih kenyataan yang bisa saja pahit atau manis buat para jurnalis, yup, jam kerja! Buat kamu yang pengen hidup normal, kerja Senin sampai Jumat dan istirahat di kala malam, mending kubur jauh-jauh mimpimu menjadi jurnalis. Sebab, profesi ini tak mengenal jam kerja.

Terkadang kamu bisa meliput pagi hari, siang hari, malam bahkan seharian! Sebab, kejadian tak diduga-duga bisa saja terjadi. Tapi buat kamu yang suka tantangan, jelas ini suatu keasyikan!

5. Jadi orang pertama yang tahu akan suatu kejadian lalu menyebarkan kepada semua orang

Satu lagi nih keseruan menjadi wartawan, kamu bisa jadi orang yang pertama kali tahu sebuah kejadian, informasi, statement, kebijakan pemerintah, dan lain-lain, lho! Tugas para jurnalis memang mencari tahu informasi sedetail mungkin, dengan terjun langsung ke lapangan, mewawancarai para tokoh, mendeskripsikannya baik melalui foto maupun tulisan untuk disebarkan kepada masyarakat luas. Gimana? Siap jadi jurnalis, JBers?

(rei)