Pantai Pulau Merah (Kompas)

Bila dulu pamor Banyuwangi harus bersaing dengan Bali, kini Banyuwangi telah memiliki berbagai destinasi unggulan dan menobatkan diri sebagai kota pariwisata. Bahkan, baru-baru ini, Banyuwangi meraih penghargaan tertinggi bidang pariwisata tingkat Asia Tenggara, yaitu ASEAN Tourism Standard Award. Penghargaan tersebut diraih lantaran upaya-upaya Banyuwangi meningkatkan kenyamanan berkunjung bagi wisatawan, terutama dari aspek kebersihan lewat kategori clean tourist city. Dengan kata lain, Banyuwangi merupakan kota atau destinasi wisata paling bersih se-ASEAN.

Meraih penghargaan tersebut, jelas bakal banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke Banyuwangi, mungkin termasuk kamu. Jika kamu jalan-jalan ke Banyuwangi, maka kamu wajib mengunjungi 5 destinasi wisata alam ini.

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen (Instagram)

Panorama alam yang disajikan Kawah Ijen memang amat mempesona. Pada pagi hari, wisatawan akan disuguhkan pemandangan sunrise yang sangat memukau. Sinar matahari pagi yang menyinari kawah, akan dipantulkan sehingga membentuk warna kemilau hijau toska dari permukaannya yang fantastis. Cairan belerang mengalir tanpa henti di bawah kawah, menimbulkan percikan api berwarna biru. Fenomena inilah yang dikenal dunia dengan nama Blue Fire. Fenomena ini konon hanya ada 2 di dunia, yaitu di Kawah Ijen, Indonesia dan di sebuah gunung di Eslandia.

2. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran (Instagram)

Taman Nasional Baluran ini mendapat julukan Africa Van Java atau Little Africa. Julukan tersebut memang sangat pantas, karena di dalam taman ini terdapat padang Savana yang sangat luas dengan banyak satwa liarnya. Banteng, rusa, ular, kerbau, monyet ekor panjang yang lumayan buas, kerbau dan burung merak yang indah, semua ada di Baluran. Keberadaan satwa liar ini menjadi ciri khas kawasan konservasi Taman Nasional Baluran. Bagi yang mau merasakan suasana Afrika, nggak usah jauh-jauh, cukup ke sini saja.

3. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah (Instagram)

Pantai Pulau Merah ini memiliki pasir putih yang terhampar luas sepanjang 3 km. Nggak jauh dari bibir pantai, terdapat bukit kecil yang sangat cantik setinggi 200 n, yang mungkin menjadi ikon dari pantai ini. Di bagian timur, wisatawan disuguhi dengan pemandangan pegunungan. Sedangkan di bagian barat, wisatawan disuguhi dengan pemandangan sunset yang sangat indah. Ombak di pantai ini juga cocok bagi yang suka olahraga selancar, sehingga pantai ini selalu kedatangan turis penyuka selancar, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

4. Bangsring Underwater

Bangsring Underwater (Instagram)

Di sini, wisatawan bisa menikmati wisata bahari seperti rumah apung, snorkeling, diving, renang bersama anak ikan hiu serta memberi makan ikan laut liar yang ada di Selat Bali. Saat snorkeling, wisatawan bisa menikmati eksotisme pemandangan bawah laut yang dipenuhi dengan terumbu karang, koloni soft coral dan aneka ikan hias. Pemandangan tersebut sudah bisa dinikmati di kedalaman 50 cm.

5. Grand Watu Dodol

Grand Watu Dodol (Instagram)

Pantai yang baru saja dibuka untuk wisata umum pada tahun 2017 lalu ini menawarkan berbagai keindahan dari segi pantai, taman bawah laut dengan berbagai jenis kehidupan bawah lautnya mampu menghipnotis wisatawan untuk berwisata disana, nggak kalah saing keindahannya dengan Bangsring Underwater. Berbagai fasilitas menarik di Grand Watu Dodol seperti snorkeling, diving, naik perahu serta menuju ke pulau Tabuhan dan Menjangan bisa kamu dapatkan disini.

Mari kita jaga kebersihan wisata Banyuwangi ini, supaya bisa mempertahankan gelar sebagai destinasi wisata paling bersih se-ASEAN. Cara yang paling mudah adalah dengan nggak membuang sampah sembarangan saat berada di lokasi wisata di atas. (tom)