Pernahkah kamu mendapatkan pertolongan atau pemberian dari seseorang? Baik orang dekat dan kenal dengan kamu, maupun orang lain yang tidak kamu kenal. Bagaimana kamu menanggapi kebaikan orang tersebut? Apakah mengucapkan terimakasih? Terkadang pemberian atau pertolongan kecil dianggap sepele, tapi tahukah kamu bahwa ucapan terimakasih memiliki manfaat, baik untuk orang yang menerima ucapan terimakasih ataupun kamu yang mengucapkan terimakasih. Berikut ini manfaat mengucapkan terimakasih versi JadiBerita:

1. Mengapresiasi orang lain

Saat kamu mengucapkan terimakasih atas kebaikan orang lain, kamu telah memberikan penghargaan terhadap orang tersebut. Kamu menerima kebaikan yang telah ia berikan dan menghargai usahanya. Penghargaan tidak harus selalu diungkapkan dengan pemberian tropi, tetapi ucapan-ucapan sederhana bahwa kita menghargai usaha seseorang.

2. Membahagiakan orang lain

Ketika kamu memberikan penghargaan kepada orang lain atas kebaikan yang telah ia berikan, pasti dia akan merasa senang. Siapa yang tidak senang mendapatkan penghargaan, sekalipun tidak menerima tropi dengan nyata?

3. Memotivasi untuk berbuat kebaikan

Ketika seseorang menerima ucapan terimakasih dan merasa senang bahwa usahanya telah dihargai, maka orang tersebut akan termotivasi untuk kembali berbuat kebaikan dilain kesempatan. Ia akan semakin banyak menebar kebaikan di setiap waktu.

4. Menjaga kesehatan

Siapa sangka ucapan terimakasih dapat menjaga kesehatan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Robert A. Emmons, seorang profesor psikologi di University of California, ucapan terimakasih yang kamu berikan kepada seseorang ternyata memberikan manfaat kepada kesehatan diri kamu sendiri. Secara simultan pikiran kamu akan membawa kesehatan pada tubuh kamu karena merasakan kepuasan batin dan pikiran.

5. Mencerminkan pribadi yang baik

Jika kamu sering mengucapkan terimakasih kepada orang-orang yang berbuat kebaikan, meski kebaikan kecil sekalipun, hal itu akan mencerminkan kamu adalah pribadi yang baik. Lantaran kamu selalu menghargai setiap usaha yang dilakukan orang lain dan memiliki kepekaan terhadap orang-orang disekitarmu, yang mungkin menganggap kebaikan orang itu tidak berarti apa-apa.

Manfaat mengucapkan terimakasih ini memang masih belum dirasakan secara jelas. Tetapi setelah mengetahui manfaat dari ucapan terimakasih, tidakkah kamu ingin merasakan manfaatnya? Terimakasih. (anb)